PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan
Vol 13, No 1 (2018): Jurnal PKn Progresif, Vol. 13 No. 1 Juni 2018

HUBUNGAN PEMBELAJARAN PKn DENGAN PENGAMALAN SILA PERSATUAN INDONESIA PESERTA DIDIK SMP KEMBARAN 1 BANYUMAS

Tukiran Taniredja (Universitas Muhammadiyah Purwokerto)
Muhammad Abduh (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2018

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui proses pembelajaran PKn, pengamalan sila Persatuan Indonesia, dan   hubungan pembelajaran PKn dengan pengamalan sila Persatuan Indonesia. Populasi penelitian seluruh peserta didik kelas 8F SMP Kembaran 1 Banyumas yang berjumlah 32. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian, sehingga merupakan sensus/sampel jenuh. Pengumpulan data dengan kuesioner tertutup. Analisis data dengan persentase dan  korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan proses pembelajaran PKn kuat (78%), pengamalan Sila Persatuan Indonesia sangat kuat (82%) dan  tidak ada korelasi yang signifikan antara proses pembelajaran PKn dengan pengamalan  sila Persatuan Indonesia , rxy (0,21). Kata Kunci:  pembelajaran PKn, peserta didik,  Sila Persatuan Indonesia

Copyrights © 2018