Watak Pendidikan Islam yang dinamis menjadi satu alasan bahwa pemikiran terhadapnya senantiasa memerlukan terobosan baru. Banyak di antara para pemikir Pendidikan Islam yang berijtihad dalam merumuskan pendidikan yang ideal, termasuk dalam menentukan sistem, kurikulum, metode, pendekatan dan lain sebagainya. Salah satu aliran pendidikan Islam menurut Muhammad Jawwad Ridla adalah Aliran Religius-Konservatif (al diny al muhafidz), dengan tokohnya al-Ghazali. Konsep dasar dalam pendidikan Islam adalah upaya transformasi nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam, yakni berdasar pada Al-Qur’an dan As-Sunah termasuk ijtihad dalam pelaksanaanya. Secara umum sistem pendidikan Islam mempunyai karakter religious, maka pendidikan yang benar menurut al-Ghazali adalah pendidikan dijadikan sebagai sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT dan pendidikan yang mampu mengantarkan pada kebahagiaan di dunia dan akhirat. Maka kemudian, epistimologi pemikiran pendidikan al-Ghazali adalah berorientasi pada sumber ilmu dan bagaimana cara mendapatkannya, sekaligus penentuan kesesuaian kurikulum dan metode pendidikannya terhadap peserta didik dan perkembangan jaman.
Copyrights © 2020