KIDDO: Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 1, No 1 (2020)

Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Excelencia Pamekasan

Afdalipah, Rosa (Fakultaas Tarbiyah IAIN Madura)
Ummah, Siti Sumihatul (Fakultaas Tarbiyah IAIN Madura)
Prastyo, Danang (Fakultaas Tarbiyah IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak kelompok TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak usia dini di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan; kedua, bagaimanakah hasil peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak usia dini di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis &Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara dengan metode bercerita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata keterampilan berbicara anak dengan metode bercerita telah mencapai 70%., dan Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada Siklus I sebesar 50%, meningkat menjadi 75% pada tindakan Siklus II. Keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kiddo

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscripts in Indonesia or English, based on research from quantitative, qualitative, mixed research methodology, or any methodology related with early childhood education include; Early childhood ...