cover
Contact Name
Luthfatun Nisa'
Contact Email
kiddo@iainmadura.ac.id
Phone
+6282115331495
Journal Mail Official
kiddo@iainmadura.ac.id
Editorial Address
Prodi PIAUD, Institut Agama Islam Negeri Madura Jl. Raya Panglegur KM. 4 Pamekasan, Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
KIDDO: Jurnal pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 27160572     EISSN : 27161641     DOI : -
Core Subject : Education,
Focus and Scope of Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini accepts unpublished, original manuscripts in Indonesia or English, based on research from quantitative, qualitative, mixed research methodology, or any methodology related with early childhood education include; Early childhood development Early childhood teaching and learning Early childhood education character Early childhood and care Early childhood education innovative media Early childhood and parenting Management of early childhood education Early childhood with special needs Entrepreneurship of early childhood Technology and early childhood learning media Early childhood and religious values And various fields related to early childhood education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 231 Documents
Pola Asuh Orang Tua danPerkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan) Jamiatul, Jamiatul; Maghfiroh, Muliatul; Astuti, Ria
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i1.2973

Abstract

Pembahasan yang mendasar saat ini orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga yang bertanggung jawab terhadap perkembangan moral anak usia dini. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pola asuh yang di terapkan orang tua terhadap perkembangan anak, 2) Bagaimana perkembangan moral AUD, 3) Bagaimana cara pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan moral AUD di TK Al-Ghazali Kolpajung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah orang tua dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pola asuh yang di terapkan orang tua terhadap perkembangan anak adalah memantau setiap perilaku anak supaya tidak menyimpang dari perilaku yang baik. Perilaku  orang tua ketika menerapkan pendidikan moral di rumah kepada anak. Langkah orang tua dalam menanamkan moral yang baik pada anak. Kedua, perkembangan moral AUD adalah guru telah menerapkan pembelajaran moral kepada anak di kelas. Orang tua berpartisipasi dalam perkembangan moral anak di rumah. Kepala sekolah melakukan pendekatan dan melakukan pembelajaran moral langsung pada anak serta perilaku yang baik yang harus dilakukan anak. Guru memepertegas dalam masalah moral anak yang dihadapi di dalam kelas. Ketiga, cara pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan moral AUD di TK Al-Ghazali Kolpajung diantaranya adalah sebagai berikut: Orang tua melakukan kolaborasi dengan guru dalam meningkatkan moral anak ketika di rumah maupun di sekolah. Orang tua melakukan perilaku yang baik kepada anak supaya di contoh oleh anak. Orang tua menghindari anak dari perkataan kotor yang di sebabkan oleh pengaruh lingkungan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan di rumah.
Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan) Saedah, Saedah; Masruroh, Waqiatul; Aziz, Thorik
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i1.2974

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, cara guru dalam mendidik akhlak anak di RA Miftahul Ulum Desa Ragang  Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. a) memberikan contoh dan teladan yang baik kepada anak. b) memberi keteladanan sejak dini. c) mendidik melalui ucapan dan perbuatan. . Kedua, faktor- faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi guru dalam mendidik ahkhlak anak di RA Miftahul Ulum Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. faktor pendukungnya adalah a) karena memang sudah kewajiban dan tanggung jawab seorang guru. b) dukungan dari keluarga. c) lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) karena kesibukan orang tua. b) lingkungan. c) media massa. Ketiga: cara mengatasi faktor penghambat yang di hadapi guru dalam mendidik akhlak anak di RA Miftahul Ulum Desa Ragang  Kecamatan Waru  Kabupaten Pamekasan. a) ketika anak kurang kasih sayag dari orang tua, guru harus memberi perhatian yang lebih kepada anak didiknya. b) orang tua haus mengawasi anak didiknya agar tidak salah dalam bergaul. c) ketika anak sedang menonton TV orang tua harus mengusahakan agar anak tidak menonton hal-hal yang berdampak negatif.
Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Excelencia Pamekasan Afdalipah, Rosa; Ummah, Siti Sumihatul; Prastyo, Danang
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i1.2975

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak kelompok TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak usia dini di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan; kedua, bagaimanakah hasil peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak usia dini di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis &Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara dengan metode bercerita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata keterampilan berbicara anak dengan metode bercerita telah mencapai 70%., dan Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada Siklus I sebesar 50%, meningkat menjadi 75% pada tindakan Siklus II. Keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Gambar Azizah, Azizah; Ummah, Siti Sumihatul; Navlia, Rusdiana
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i1.2977

Abstract

Berhubung peneliti mengetahui masalah atau kesulitan siswa RA. Raudhatul Hasanah dalam pelajaran menulis, mereka diketahui tidak bisa menulis dengan benar, tepat dan rapi setingkat anak usia dini apalagi menulis bahasa inggris, dengan itu peneliti memiliki keinginan untuk mencarikan solusi kesulitan tersebut. Mereka masih dapat dikatakan baru dalam dunia pendidikan formal dan sangat pemula dalam menulis. Kondisi seperti ini, dirasa penting untuk ditanggulangi. Dalam hal ini peneliti menggunakan media gambar sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan dalam menulis kata Bahasa Inggris yang sangat sederhana. Sebab media gambar merupakan salah satu media yang menarik dalam meningkatkan keterampilan menulis untuk membuat siswa merasa lebih mudah dalam menulis. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Yang pertama adalah  bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris dengan menggunakan media gambar. Kedua, bagaiman hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis bahasa inggris dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, antara lain: Rencana, Tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan format obsevasi/penilaian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pengukuran hasil tes belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan menulis bahasa inggris melalui media gambar telah mencapai 70%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis Bahasa Inggris melalui media gambar di RA. Raudhatul Hasanah di Desa Saobi Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, hal ini di buktikan dengan peningkatan rata-rata kemampuan menulis Bahasa Inggris pada siklus I sebesar 60,0% sedangkan sklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus pertama sebesar 74.0%. kemampuan menulis Bahasa Inggris mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses, yaitu; 1) Mempersiapkan/merancang media gambar, 2) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran Harian  (RPPH), 3) Membuat pedoman observasi untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran sebagai wujud dari hasil peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis teks bahasa Inggris yang sudah di jelaskan dan diperlihatkan dengan strategi penggunaan media gambar, 4) Merancang alat evaluasi dalam bentuk media gambar lengkap dengan teks bahasa Inggrisnya sebagai wujud dari pemahaman siswa dalam menulis teks bahasa Inggris.
Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan Maghfiroh, Anna Shihatul; Usman, Jamiludin; Nisa, Luthfatun
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i1.2978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajaran pada anak, (2) faktor-faktor yang mendukung dalam penerapan metode bermain peran, (3) faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan metode bermain peran. Penelitian ini berfokus pada  penerapan metode bermain peran pada perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain (KB) di Sekolah Al-Munawwarah Pamekasan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan bermian peran pada KB Al-Munawwarah merupakan salah satu metode yang digunakan dalam mengembangkan aspek sosial-emosional anak dan teradapat beberapa faktor yang dapat mendukung dan menghambat proses penerapan metode bermain peran ini. Beberapa faktor pendukung diantaranya, media, kreatifitas guru, teknik mengajar, dan antusiasme anak. Sedangkan faktor pengambat meliputi, egosentrisme anak,  anak belum disiplin, anak cenderung pemalu.
Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana Roostin, Erna
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i2.3481

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan motorik halus dan kreativitas anak kelompok A Kober Al-Hidayah Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah penerapan tindakan teknik membatik sederhana dalam pembelajaran.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan penugasan, melalui lembar penilaian dan lembar pengamatan, dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Setelah melalui kegiatan teknik membatik sederhana terjadi peningkatan motorik halus anak dari mulai kondisi awal yang masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, pada siklus I juga masih belum mencapai peningkatan yang diharapkan karena masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, akan tetapi pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu mulai berkembang (MB) sebesar 41,7%, dan pada siklus III peningkatan yang terjadi sudah mencapai target yang ditentukan yaitu berkembang sangat baik (BSB) sebesar 91,7%. Peningkatan kreativitas anak sama halnya dengan motorik halus dimulai dari kondisi awal yang masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, dan pada siklus I belum mencapai peningkatan yang diharapkan karena masih belum berkembang (BB) sebesar 0%, akan tetapi pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mulai berkembang (MB) sebesar 41,7%, dan pada siklus III terjadi peningkatan dan mencapai target yang ditentukan yaitu berkembang sangat baik (BSB) sebesar 91,7%. Hal ini membuktikan bahwa melalui teknik membatik sederhana dapat meningkatkan motorik halus dan kreativitas anak.
Analisis Perkembangan Sosial-Emosional AUD(STPPA Tercapai )Di TK Indriyasana Rahimah, Hj. Rahimah
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i2.3502

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk (1) Mendeskripsikan bagaimana mengembangan sosial-emosional anak usia dini, (2) Mendeskripsikan kondisi subjek dengan teori perkembangan sosial-emosional, (3) Mendeskripsikan faktor-faktor yang berpengaruh dengan perkembangan sosial-emosional. Itulah sebabnya diperlukan untuk mengetahui dengan menggunakan metode kualitatif mengumpulkan data dan menganalisis data yang digambarkan dengan deskripsi. Hasil penelitian di PAUD Indriyasana, Desa Mogowu Harjo dapat disimpilkan bahwa perkembangan sosial-emosional anak yang lebih menonjol adalah 2 orang anak yang berkembang sangat baik, sesuai dengan harapan guru dan orangtua. Diantara perkembangan sosial-emosional anak melalui interaksi sosial dengan teman sebaya di PAUD Indriyasana adalah : 1) menunjukkan sikap suka memberi kepada temannya, sopan santun, 2) anak bermain dengan teman sebaya, 3) mentaati aturan yang berlaku dalam permainan.Sosial emosional anak usia dini merupakan suatu proses belajar anak bagaimana berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan aturan sosial yang ada dan anak lebih mampu untuk mengendalikan perasaan-perasaannya yang sesuai dengan kemampuan mengidentifikasikan dan mengungkapkan perasaan tersebut. Sosial emosional anak berlangsung secara bertahap dan melalui proses penguatan dan modeling. Dalam mengembangkan kecerdasan sosial emosional anak usia dini diperlukan berbagai metode yang dapat digunakan untuk mengembangkannya Salah satu metode yang dapat digunakan orangtua maupun pendidik PAUD dalam mengembangkan aspek sosial dan emosi pada anak usia dini, yaitu melalui keteladanan. Pembelajaran lainnya, yaitu keteladanan, maksudnya adalah pembelajaran yang ditampilkan melalui contoh-contoh yang baik, dan menggunakan berbagai contoh yang telah diterima oleh masyarakat dan sesuai dengan standar serta sistem nilai tertentu. Pendekatan ini penting karena anak usia dini merupakan peniru hebat dan mudah menyerap dari yang dilihatnya.
Kurikulum Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di RA Raudhatul Ta’lim Pamekasan afiyah, nur; Magfiroh, Siti Aisyatul; Maysaroh, Siti; Sofiyah, Sofiyah
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i2.3354

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas pembelajaran PAUD berbasis multiple intelligence di RA Raudhatul Ta’lim.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif; teknik pengumpulan datanya dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran  PAUD berbasis multiple intelligence pada anak usia dini di RA Raudhatul Ta’lim dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam materi pembelajaran yang disusun pada kurikulum. Selain itu, pengembangan pembelajaran multiple intelligence dilakukan dengan bermain, bernyanyi, bercerita, karya wisata melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan, berdiskusi dan, dan jalan-jalan. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan berdampak positif bagi masa depan anak.         
Model Pembelajaran Montessori dalam Membangun Kedisiplinan Anak di TK Awliya Kota Cirebon Faziyah, Muidatul; Muqawim, Muqawim
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i2.3404

Abstract

Discipline is very important to be developed early on, while the definition of discipline itself is giving an understanding to which children should be obeyed and which should be avoided. Discipline also teaches children about making mistakes will certainly contain a number of consequences, for this reason the function of punishment in children's education. Discipline is a behavioral value that can be done by force and can be done voluntarily. This Montessori-based learning model can build discipline starting from getting children to tidy up their former food, washing dishes, being able to take responsibility for the assignments given by their teacher, which has been applied in kindergarten Awliya, Cirebon. This research uses descriptive qualitative method that seeks to provide background, unique characteristics. The data obtained through interviews, observation and documentation. The results showed that children in the Awliya Kindergarten in Cirebon City could build their discipline through a Montessori-based learning model. This habit is a rare beginning in building discipline in early childhood.
PENGGUNAAN METODE TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA ANAK DI TKS PGRI KALIANGET BARAT SUMENEP Sutrisno, Tri
Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2020)
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Madura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19105/kiddo.v1i2.3407

Abstract

The purpose of the research is a benchmark of all research conducted. The objectives in this study are: (1) Want to know the development of children's courage in improving abilities by using the question and answer method. (2) Want to know the impact of using the question and answer method on children's courage in improving their ability to express their opinions. Based on the results of improved learning about communicating / speaking simply in developing the courage of children to express their opinions in Kalianget Barat TKS. Sumenep. In the first cycle, the highest value achieved by children was 80 as many as 10 children, the lowest value was 20 as many as 4 children and the average grade of 6.46 (67%). While the observation collection of question and answer methods West Kalianget TKS Kab. Sumenep in the first cycle as contained in the observation sheet is known that the teacher uses examples and teaching aids (good), the language used by the teacher is clear and simple (good), the teacher checks the child's understanding by asking questions / giving assignments (good), the teacher gives an opportunity ask questions (enough), children answer questions asked by teachers (enough), logical children's answers (enough), children answer other children's questions (enough), respond by teachers (good), and children discuss (good). In the observations of the first cycle has not shown the active attractiveness of children towards the learning given by the teacher. While in the second cycle the results of improved learning about communicating / speaking simply in developing the courage of children to express their opinions Kalianget Barat TKS Kab. Sumenep. In cycle II, it was found that the highest value achieved by children was 160 by 20 children, and the average grade was 7.9 (75%). While the observation collection of question and answer methods West Kalianget TKS Kab. Sumenep in cycle II as contained in the observation sheet is known that the teacher uses examples and teaching aids (good), the language used by the teacher is clear and simple (good), the teacher checks the child's understanding by asking questions / giving assignments (good), the teacher gives an opportunity ask questions (good), children answer questions asked by teachers (good), logical children's answers (enough), children answer other children's questions (good), responded by teachers (good), and children discuss (good). In observation of the second cycle of learning is smooth and produces a level of completeness that exceeds the target.

Page 1 of 24 | Total Record : 231