Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 3 (2019): JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education

Pengelolaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Menurut Peserta

Fitriani, Neni (Unknown)
Aini, Wirdatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan simpan pinjam, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keikutsertaan masyarakat dari tahun ketahun dalam mengikuti simpan pinjam. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat menurut peserta. Jenis Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan populasi 50 orang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan metode claster random samplin, cara pengambilannya di tarik 50% dari jumlah populasi, jadi sampel diambil 50% dari 50 pengelola PNPM Mandiri menjadi 25 orang anggota PNPM Mandiri tersebut. Teknik pengumpulan data adalah angket dan alat pengumpulan data adalah quisioner. Analisis data menggunakan perhitungan persentase dan product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri menurut peserta dilihat dari aspek perencanaan sangat baik, (2) pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri menurut peserta dilihat dari aspek pengorganisasian sangat baik, (3) pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri menurut peserta dilihat dari aspek penggerakan sangat baik, (4) pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri menurut peserta dilihat dari aspek pengawasan sangat baik, (5) pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri menurut peserta dilihat dari aspek penilaian sangat baik, (6) pengelolaan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Mandiri menurut peserta dilihat dari aspek pengembangan sangat baik, dimana r hasil lebih besar dari r tabel. Saran dalam penelitian ini; Kepada semua pihak yang terkait di dalam lembaga agar mempertahankan pengelolaan program sehingga keberhasilan lembaga bisa berjalan sesuai dengan tujuan dari lembaga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jface

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience Other

Description

FACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education (2685-6476) diterbitkan pertama kali Februari 2019 secara online oleh Penerbit Aksara Rentaka Siar, Kediri, Jawa Timur. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education terbit empat kali setahun pada Februari, Mei, Agustus, ...