Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 4 (2019): JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education

Gambaran Aspirasi Warga Belajar Program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung

Wulandari, Shintia (Unknown)
Sunarti, Vevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2019

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah tingginya hasil belajar warga belajar program kesetaraan Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung, ini diduga karena tingginya aspirasi belajar warga belajar program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Tujuan penelitian ini ialah untuk menggambarkan (1) aspirasi warga belajar program Paket C ditinjau melalui aspek cita-cita, (2) aspirasi warga belajar program Paket C ditinjau melalui aspek hasrat dalam mengikuti pembelajaran, dan (3) aspirasi warga belajar program Paket C ditinjau melalui aspek ketetapan hati di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan jenis penelitian ini. Popolasi pada penelitian ini ialah warga belajar program Paket C di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sepakat Bersama Kecamatan Bungus Teluk Kabung sejumlah 27 orang. Sampel yang diambil sebanyak 60 % dari populasi sejumlah 16 orang. Teknik penarikan sampel ialah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik penggunaan angket serta alat mengumpulkan datanya ialah kuisioner. Pada penelitian ini menggunakan rumus persentase sebagai teknik analisis data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwasanya (1) aspirasi warga belajar program Paket C ditinjau melalui aspek cita-cita tinggi, (2) aspirasi warga belajar program Paket C ditinjau melalui aspek hasrat dalam mengikuti pembelajaran tinggi, dan (3) aspirasi warga belajar program paket C ditinjau melalui aspek ketetapan hati tinggi. Disarankan warga belajar program Paket C, untuk selalu mempertahankan serta meningkatkan aspirasi belajar dalam mengikuti pembelajaran supaya memperoleh hasil belajar yang lebih baik lagi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jface

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience Other

Description

FACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education (2685-6476) diterbitkan pertama kali Februari 2019 secara online oleh Penerbit Aksara Rentaka Siar, Kediri, Jawa Timur. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education terbit empat kali setahun pada Februari, Mei, Agustus, ...