Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) Pengaruh pendapatan orang tua terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, 2) Pengaruh cara belajar terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, 3) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, 4) ) Pengaruh pendapatan orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara 5). Pengaruh cara belajar terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. penelitian ini tergolong kedalam penelitian deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas kelas X SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 89 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruhnya dengan cara teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Smart PLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengaruh pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, 2) Pengaruh cara belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, 3) Pengaruh motivasi belajar siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara, 4) Pengaruh pendapatan orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara 5) Pengaruh cara belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil siswa SMAN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara. Kata Kunci: pendapatan orang tua, Cara belajar, Motivasi belajar, Hasil belajar
Copyrights © 2019