Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Juni 2020 - November 2020)

PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA OLEH SISWA KELAS V SD ISLAM AL-FALAH JAMBI DALAM BERKOMUNIKASI

Rahmat Holil (Universitas Jambi, Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelanggaran prinsip kerja sama oleh siswa kelas V SD Islam Al-Falah Jambi dalam berkomunikasi yang dilihat dari segi penerapan prinsip kerja sama. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini adalah tuturan yang diambil dari percakapan antara guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan menggunakan teknik rekam, simak, dan catat. Teknik simak digunakan dengan cara menyimak penggunaan bahasa siswa, teknik catat digunakan untuk mentranskripkan tuturan. Simpulan penelitian ini, masih belum maksimal. Selain itu, masih banyak pelanggaran prinsip kerja sama, berupa maksim kuantitas, maksim kualitas, maksim hubungan dan maksim cara.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...