Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mengapresiasi puisi dan keterampilan menulis puisi religius, serta pengaruh kemampuan mengapresiasi puisi terhadap keterampilan menulis puisi religius oleh siswa kelas XI SMA Swasta UISU Medan. Data diperoleh dari 40 orang siswa kelas XI, dengan instrumen tes kemampuan mengapresiasi puisi berbentuk objektif sebanyak 20 soal, dan tes keterampilan menulis puisi religius berbentuk karangan. Hipotesis diuji menggunakan rumus korelasi r Product Moment dari Pearson. Melalui metode deskriptif teknik analisis korelasional, diperoleh temuan penelitian bahwa, nilai rata-rata kemampuan mengapresiasi puisi adalah 69,13 kriteria C (sedang/cukup). Nilai rata-rata keterampilan menulis puisi religius dikategorikan B (baik) dengan nilai rata-rata 71,38. Hubungan kemampuan mengapresiasi puisi dengan keterampilan menulis puisi religius adalah positif dan signifikan dengan koefisien korelasi 0,666. Artinya, semakin tinggi kemampuan mengapresiasi puisi siswa, maka semakin tinggi kemampuan siswa membuat kalimat. Besar pengaruh yang diberikan kemampuan mengapresiasi puisi terhadap keterampilan menulis puisi religius adalah 44,36%, sisanya 55,64% pengaruh dari variabel lain. Nilai rata-rata kemampuan mengapresiasi puisi siswa pada kriteria C (sedang/cukup). Nilai rata-rata keterampilan menulis puisi religius siswa pada kategorikan B (baik) Hubungan kemampuan mengapresiasi puisi dengan keterampilan menulis puisi religius adalah positif dan signifikan
Copyrights © 2020