Journal of Education and Teaching Learning
Vol 1 No 1 (2019): Journal of Education and Teaching Learning (JETL)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DALAM MEPERBAIKI AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU SISWA DI KELAS IX SMP NEGERI 1 PATUMBAK

Diana Manurung (SMP Negeri 1 Patumbak)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2019

Abstract

Penelitan ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni suatu pencermatan terhadapsemua kegiatan yang sengaja dimunculkan, dan terjadi di dalamsebuah kelas (Suharsllni krikunto, dkk:16:2007). Tempat penelitiantindakan kelas ini adalah di SMP Negeri 1 Patumbak kelas IX TahunPelajaran 2013/2014. dan waktu penyelenggaraan penelitian iniadalah pada semester I (ganjil) mulai dari bulan September 2013sainpai bulan Desember 2013. Subjek penelitian tindakan kelas iniadalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Patumbak Tahun Pelajaran2013/2014 yang berjumlah 29 siswa. Data-data tes hasil belajar,aktivitas belajar siswa terhadap model pembelajaran Generatifselarna kegiatan belajar mengajar tersusun, kemudian dianalisis,sehingga dapat disimpulkan sesuai dengan rumusan masalah. (1)Data aktivitas siswa menurut kedua pengamatan pengamat padaSiklus I antara lain: menulis/membaca (43,8%), bekeja (28,3% ),bertanya sesama teman (12,5%), bertanya kepada guru (12,5%), danyang tidak relevan dengan KBM (2,9%). Dan Data aktivitas siswamenurut pengamatan pada Siklus II antara lain: menulis/membaca(22,2%), bekerja (48,7%), bertanya sesama teman (14,8%), bertanyakepada guru (13,0%), dan yang tidak relevan dengan KBM (1,3%).(2) Dengan menerapkan model pembelajaran Generatif, hasil belajarsiswa dari Siklus I ke Siklus berikutnya mengalami perbaikan. Hasilbelajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Generatifpada Formatif I dan Formatif II menunjukkan 9 orang siswa tuntassecara individu, sedangkan kelas tidak tuntas. Pada Siklus II, tuntassecaia individu sebanyak 26 orang siswa, sedangkan kelas adalahtuntas dengan rata-rata siklus I dan siklus II adalah 70,4 dan 84,5dan persentase ketuntasan klasikal adalah 3 1,05% pada siklus I dan89,65% pada siklus II.Kata Kunci: Model Pembelajaran

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jetl

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Education and Teaching Learning (JETL) invites lecturers, scholars, researchers, and students to contribute the results of their studies and research in fields related to education, which include textual and field studies with various perspectives, Education Management, Education Policy, ...