Steering Control adalah sistem kemudi yang dirancang untuk akurasi pergerakan steer terhadap lintasan kendaraan dan memperingan sistem kemudi. Beberapa riset telah dikembangkan pada fully automatic steer by wire system. Akurasi pergerakan steer mobil sangat diperlukan dalam keselamatan berkendaraan, baik keselamatan yang ada didalamnya ataupun orang yang ada dedekatnya. Kesalahan pergerakan steer mobil akan mengakibatkan kesalahan posisi mobil pada jalur kendaraan. Untuk mencegah terjadinya yang demikian diperlukan kontrol pengemudian yang dirancang untuk akurasi pergerakan steer terhadap kendaraan dan memperingan system kemudi. Pada penelitian ini sistem kemudi menggunakan Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS). Pada penelitian ini akan dikembangkan model Fully Automatic Steer By Wire System menggunakan 10 Degree Of Freedom (DOF) terdiri dari 7-DOF Vehicle Ride Model dan 3-DOF Vehicle Handling Model. Hasil ANFIS dibandingkan dengan metode PID konvensional didapatkan hasil yang lebih baik. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa Adaptive Neuro-Fuzzy Inference System (ANFIS) mampu mengontrol dengan kecpatan mencapai 69,0 km/h dengan overshot terkecil, yaitu 0,005071 pada C-RMS Error.
Copyrights © 2015