Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran yang riil mengenai Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dengan mengkaji empat indikator yakni: Mendesain kelas, mengorganisasikan kelas, monitoring kelas,mengevaluasi kelas dalam proses belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Tehnik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumen. Hasil penelitian menujukan bahwa Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar se Kecamatan Limboto Kabupaten Gororntalo. Meliputi: (1) Mendesain kelas berada dalam kategori baik . Namun perlu ditingkatkan lagi karena masih sebagaian guru belum mampu mendesain kelas, (2) Mengorganisasikan kelas berada pada kategori baik. Namun perlu ditingkatkan lagi kearah yang lebih baik, sebab sesuai hasil olahan data masih sebagaian besar guru belum mampu mengorganisasikan kelas dalam proses pembelajaran. (3) Monitoring kelas berada dalam kategori baik. Namun perlu ditingkatkan lagi, sebab masih sebagaian guru belum mampu mengontrol kelas dalam kegiatan belajar mengajar, (4) mengevaluasi kelas berada pada ketegori baik. Maka dari itu disarankan untuk kepala sekolah diharapkan lebih ditingkatkan pembinaan dan pengawasan terhadap kinerja guru serta guru diharapkan untuk lebih ditingkatkan lagi kemampuannya dalam pengelolaan kelas.
Copyrights © 2020