Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 1 NOMOR 1, MARET 2020

Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas

Isnanto Isnanto (Universitas Negeri Gorontalo)
Asni Ilham (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurhatima Lakita (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2020

Abstract

Fokus masalah adalah: (1) Peran guru dalam manajemen kelas; (2) Tingkah laku dalam kelas; (3) Penyelesaian masalah dalam manajemen kelas dan (4) Kerjasama orang tua dan guru dalam mengendalikan tingkah laku siswa di kelas. Tujuan untuk mengetahui: (1) Peran guru dalam manajemen kelas; (2) Tingkah laku dalam kelas; dan (3) Penyelesaian masalah dalam manajemen kelas; (4) Kerjasama orang tua dan guru dalam mengendalikan tingkah laku siswa di kelas. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan di kelas IV SDN 20 Dungingi. Berdsarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan yang dilakukan di SDN 20 Dungingi, bahwa pengendalian tingkah laku siswa dapat diatasi dengan berbagai cara antara lain: (a) Guru sebagai motivator dan pemberi nasehat, sebagai pembimbingan, melalui penjadwalan piket, pemberian hukuman yang mendidik, serta penguasaan materi terhadap siswa; (b) Pendekatan yang sering guru gunakan di kelas yaitu pendekatan oteriter, pengajaraan, pengubahaan tingkah laku, sosio-emosional, kerja kelompok, elektis atau pluralistik, maupun teknologi informasi; (c) Kerja sama antara guru dan orang tua. Dalam hal ini guru lebih menekankan pada potensi siswa serta cara bertingkah laku yang baik, serta menerapkan kreatifitas dan inisiatif guru dalam pembelajaran

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...