Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengaruh Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014

Herza Alwanny (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Sugesti-Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini berjumlah 39 orang di kelas eksperimen dan 38 orang di kelas kontrol, dari 310 populasi yang terdiri dari 8 kelas. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah teknik sampel acak kelas. Kelas eksperimen dikenai perlakuan dengan Metode Sugesti-Imajinasi, sedangkan kelas kontrol dikenai perlakuan dengan  metode konvensional.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test desaign.Untuk memperoleh data digunakan tes essay menulis puisi. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,89 sedangkan untuk kelas kontrol adalah 64,05. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Sugesti-Imajinasi berpengaruh positif terhadap kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2013/2014.   Kata Kunci: Pengaruh–Metode Sugesti-Imajinasi–Menulis Puisi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...