Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6, No 4 (2017): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengaruh Model Students Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Membaca siswa Kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018

Sri Listiana Izar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2017

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah 1).Bagaimana pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 2). Bagaiman pengaruh strategi pembelajaran ekspositoriterhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 2). Adakah pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. Adapun tujuan penelitian ini 1).Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh “Students Facilitator and Explaining” terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 2). Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018. 3). Untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model Students Facilitator and Explaining terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negri 010146 Labuhan Ruku Tahun Pembelajaran 2017/2018.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1I SD NEGRI 010146 Labuhan Ruku,yang berjumlah 2 kelas dan tiap kelas rata-rata terdiri dari 25 orang siswa maka jumlah seluruh populasi adalah 50 orang siswa.Hasil dari penelitian ini dibuktikan berdasarkan perhitungan, diketahui kemampuan sebagian siswa yang diajar dengan menggunakan model Students Facilitator and Explaining siswa banyak mendapatkan nilai 9 yaitu 36%, artinya kemampuan sebagian besar siswa yang diajar dengan model students facilitator and explaining berada pada tingkat sangat baik. Sedangkan kemampuan membaca tanpa menggunakan model students facilitator and explaining siswa banyak mendapatkan nilai 7 sampai 8 artinya kemampuan dari sebagian besar siswa yang diajarkan tanpa model students facilitator and explaining berada pada tingkat baik. Kata Kunci:Model Students Facilitator and Explaining,Kemampuan Membaca,

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...