Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 9, No 1 (2020): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KAJIAN: ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI

Prameswari Dyah Gayatri B.A.I. (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian analisis ini untuk mendeskripsikan: (1) tinjauan ontologi penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia; (2) tinjauan epistimologi penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia; (3) tinjauan aksiologi penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis konten dengan objek hasil penelitian penilaian autentik guru bahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penafsiran secara deskriptif. Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) penilaian autentik dalam pembelajaran bahasa Indonesia didapat dari nilai atau skor yang diperoleh dari kemampuan peserta didik ketika proses belajar mengajar. Keterampilan pembelajaran peserta didik lebih ditekankan pada teks; (2) metode yang dapat digunakan untuk melaksanakan penilaian autentik; dan (3) nilai etika seseorang dalam melakukan pengambilan skor.Kata kunci: Penilaian autentik, ontologi, epistimologi, aksiologi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...