G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 2 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 GALUR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dewi Astuti, Anita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Kesulitan belajar merupakan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh siswa dengan tingkatan yang bebeda-beda. Hal tersebut berpengaruh terhadap prestasi belajarnya, karena tidak semua siswa mempunyai prestasi belajar yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan metode pemberian tugas terhadap kesulitan belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain control group pre-test post-test sebagai populasinya adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Galur. Teknik sampling menggunakan random sampling dan purposive sampling, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket serta teknik analisis data menggunakan uji t (t-test). Berdasarkan hasil penghitungan uji t-test maka didapat nilai thitung = 3,095 dan nilai t tabel = 2,26 dengan demikian thitung > ttabel sehingga hipotesis kerja yang peneliti ajukan diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan antara rata-rata tingkat kesulitan belajar siswa dari hasil postest antara kelompok kontrol dan eksperimen sehingga layanan bimbingan kelompok dengan metode pemberian tugas dapat dikatakan efektif untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, pemberian tugas, kesulitan belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...