G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 2 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK CLIENT CENTERED THERAPY DALAM MENINGKATKAN KETAATAN TERHADAP TATA TERTIB SEKOLAH

Setyawati, Suerlin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konselingkelompok dengan teknik client centered therapy terhadap peningkatanketaatan tata tertib sekolah. Penelitian quasi eksperimental one grouppretest and posttest ini mengambil sampel sebanyak 30 subjek darisiwa kelas VIII MTs Negeri 4 Sleman. Intrumen penelitian berupaseperangkat angket skala likert mengenai sikap terhadap ketaatan tatatertib sekolah. Setelah melalui uji persyaratan analisis, data dianalisisdengan uji-t dengan bantuan SPSS.10. Hasil penelitian menunjukkanbahwa ada pengaruh pemberian layanan konseling kelompok denganteknik client centered therapy dalam meningkatkan ketaatan terhadaptata tertib sekolah, Pengaruh ini ditunjukkan oleh hasil uji-t yangmenunjukkan taraf signifikansi yang tinggi yaitu 3,084. Sementara ituuntuk nilai t tabel untuk N = 30 dengan taraf signifikansi 95% hanyasebesar 0,683.Dengan demikian layanan konseling kelompok denganteknik client centered therapy mampu meningkatkan ketaatanterhadap tata tertib sekolah.Kata kunci: konseling kelompok, client centered therapy, ketaatan tatatertib.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...