G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 1, No 2 (2017): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

ASSESSMENT KEBUTUHAN PEDOMAN PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING KOMPREHENSIF PADA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TINGKAT SMK DI KOTA YOGYAKARTA

Eka Safitri, Nindiya (Unknown)
Putranti, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Program bimbingan dan konseling komprehensif disusun berdasarkan kebutuhan pesertadidik dan lingkungannya. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menyiapkan lulusan yangsiap kerja sehingga memerlukan program bimbingan dan konseling komprehensif yangmenunjang tujuan pendidikan di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikebutuhan guru bimbingan dan konseling akan pedoman penyusunan program bimbingandan konseling komprehensif di tingkat SMK. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah penelitian kulitatif menggunakan instrumen berupa wawancara danstudi dokumentasi dengan teknik analisis model Miles dan Hubbersman. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMK cenderung menginginkanpedoman penyusunan program bimbingan dan konseling komprehensif dalam bentukcetak. Adapun kajian materi yang dibutuhkan meliputi pengembangan rasional, visi danmisi, deskripsi kebutuhan, tujuan layanan, komponen layanan, bidang layanan,pengembangan tema/topik, evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut, anggaran biaya danrencana kegiatan (action plans).Kata Kunci: guru BK, bimbingan dan konseling, komprehensif, SMK

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...