G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

PENGARUH TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL ANAK (Studi Siswa Salafiyah Wustho Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an, Bantul, Yogyakarta)

Ro’uf, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh tahfidz al-Qur’an terhadapkecerdasan emosional siswa Salafiyah Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an, Bantul,Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan pendekatankuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, VIII, dan IX SalafiyahWustho yang berjumlah 200 siswa. Sampel diambil dengan teknik proporsional randomsampling, sejumlah 60 siswa. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner.Teknik analisa datanya menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitiandidapatkan bahwa Adanya pengaruh tahfidz al-Qur’an terhadap kecerdasan emosionalsiswa yaitu sebesar 28,9%, sedangkan 71,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Tingkathafalan al-Qur’an siswa Salfiyah Wustho pada kategori sedang dengan presentase yaitusebesar 67% dan tingkat kecerdasan emosional rata-rata pada kategori sedang denganpersentase yaitu sebesar 77%.Kata kunci: tahfidz al-Qur’an, kecerdasan emosional

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...