G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 2 (2019): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dyah Sulistyaningsih, Nofi Rini (Unknown)
Setiowati, Arum (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 205 siswa. Sampel dalam penelitian ini mengambil 10 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis terbukti atau Teknik sosiodrama efektif digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif pada siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Dari hasil uji-t diketahui nilai t = 18,640 dengan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti pemberian treatment dengan menggunakan teknik sosiodrama berpengaruh dalam meningkatkan perilaku asertif siswa. Diharapkan sekolah dan guru bimbingan konseling dapat menerapkan layanan dengan menggunakan teknik sosiodrama sehingga dapat meningkatkan perilaku asertif siswa. Kata kunci: sosiodrama, perilaku asertif

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...