Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL)
Vol 1 No 2 (2020): SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal

Budaya Organisasi, Perilaku Prososial, Kinerja Guru dan Staf di Sekolah Inklusi

Dwitya Sobat Ady Dharma (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian mengetahui budaya organisasi, kinerja pegawai, dan perilaku prososial guru dan karyawan, serta mengetahui pengaruh budaya organisasi dan sikap prosial terhadap kinerja di lingkungan sekolah inklusi multikultur. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif-analitis. Pendekatan kuantitatif digunakan saat menguraikan data yang diperoleh dari angket dan mencari hubungan antara budaya organisasi, sikap prososial, dan kinerja. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam yang didapat dari wawancara. Penelitian dilakukan di Sekolah Tumbuh (SD Tumbuh 1, SD Tumbuh 2, SD Tumbuh 3, SD Tumbuh 4, SMP Tumbuh, dan SMA Tumbuh) dengan subjek 90 guru dan staf. Hasil penelitian menunjukkan, ada hubungan yang positif antara budaya organisasi, sikap prososial, dan kinerja di sekolah inklusi multikultur. Hal ini dikarenakan budaya organisasi di sekolah inklusi multikultur didasari oleh visi dan misi yang sama namun tetap menghargai keberagaman dan penunjukkan sikap prososial yang berdampak pada kinerja.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

special

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal merupakan jurnal open access yang dapat di akses oleh umum. Jurnal ini menerapkan peer review sebelum artikel akan diterbitkan, hal ini untuk memberikan penilaian terhadap artikel yang akan dipublikasikan. SPECIAL : Special and Inclusive Education ...