Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat
Vol 1, No 01 (2018): Jurnal Abdimas Berdaya

Pendampingan Penggunaan Phet-Simulation sebagai Media Pembelajaran Guru dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Kecamatan Paciran

Nahdia Rupawanti BR (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2020

Abstract

Terciptanya pembelajaran yang baik bergantung banyak hal. salah satunya ialah dengan mewujudkan pembelajaran yang menarik bagi para siswa. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut guru harus mempersiapkan media pembelajaran yang baik, menarik, dan menyenangkan bagi siswa. Phet-Simulation merupakan salah satu aplikasi daring yang sudah tidak asing dalam dunia pendidikan sekarang. Aplikasi tersebut menampilan fenomena – fenomena sains dalam bentuk audio-visual. Kelebihan aplikasi tersebut ialah guru dan siswa dapat mengoperasikan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan sehingga dengan mudah guru sains dapat menjelaskan konsep – konsep sains yang bersifat abstrak kemudian dipraktikumkan dan disimulasikan secara visual dengan menggunakan aplikasi tersebut. Namun, rendahnya sosialisasi mengakibatkan tidak sedikit guru yang masih tidak mengenal dan tidak mengetahui cara menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini pula yang terjadi pada sebagian besar guru sains di kecamatan Paciran. Paciran merupakan salah satu daerah yang memiliki jumlah sekolah atau lembaga pendidikan terbesar di Kabupaten Lamongan. Dengan adanya program pendampingan penggunaan phet-simulation ini diharapkan para guru khususnya di sekolah – sekolah paciran mampu meningkatkan kompetensinya sehingga proses pembelajaran yang inovatif yang mampu melatih keterampilan berpikir kritis siswa dapat terlaksana dengan baik.

Copyrights © 2018