Keterkaitan aktifitas belajar dan mengajar yang kini dikenal dengan istilah pembelajaran kenyataannya  cukup kuat.Oleh karenanya kajian ini juga akan mengupas  variabel-variabel yang terkait dengannya. Dalam pengembangan pembelajaran yang di dalamnya tercakup kegiatan mengajar dan peserta didik yang belajar, diperlukan suatu kiat psikologis untuk lebih menjurus pada efektifitas pencapaian tujuan belajar., beberapa  variable  yang  merupakan  kesatuan dalam menunjang hal tersebut diantaranya adalah usaha memotivasi, usaha memberikan informasi dan usaha memberi keteladanan bagi peserta didik, Aplikasi psikologi pendidikan dalam ilmu mengajar terlihat dalam berbagai terapan pembelajaran antara lain pada teori belajar yang dipilih, model-model pembelajaran, alokasi waktu dan sarana yang digunakan. Tentu aplikasi pada lapangan tersebut bukanlah sesuatu yang final, tetapi masih memungkinkan muncul pada sendi-sendi lain dari upaya mengajar berkesan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018