Model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu mengkodisikan siswa belajar aktif dengan langkah-langkah TANDUR di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Quantum Teaching lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, ditinjau dari:  (a) keseluruhan siswa, dan (b) level kemampuan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen (Pretest-Posttest Control Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Al-Fityan School Aceh dan yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Data hasil penelitian dianalisis dengan rataan gain ternormalisasi antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Quantum Teaching secara singnifikansi lebih baik dari pada kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional apabila ditinjau dari keseluruhan maupun berdasarkan level (tinggi, sedang, rendah) kemampuan siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016