Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Unversitas Muhammadiyah Aceh
Vol 3, No 2, Oktober (2016)

THE STUDENTS’ ABILITY IN MASTERING LISTENING TEXT (A Study Between the Using of Native Speaker’s and Non-Native Speaker’s Voice of The TOEFL Class Students at NEC Banda Aceh)

Cut Mawar Helmanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari suara pembicara native (pembicara yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris) dan non-native daam teks listening yang diberikan kepada siswa-siswa dikelas TOEFL di NAD Education Consultant, Banda Aceh. Tes digunakan sebagai instrumen agar mendapatkan data tentang kemampuan para siswa dalam menguasai teks listening yang dipengaruhi oleh suara native dan non-native. Sampel dari peneltian ini adalah 10 orang siswa tahun ajaran 2013-2014. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil dari tes yang diberikan kepada para siswa jika teks dari tes tersebut dibacakan oleh native (Amerika). Dengan kata lain, para siswa mudah untuk mengerti atau memahami tes jika teks dari tes tersebut dibacakan oleh orang Indonesia (non-native). Dapat disimpulkan bahwa para siswa lebih dekat dengan suara orang non-native. Hasil dari angket juga mempekuat kesimpulan ini, para siswa lebih mudah untuk memahami non-native (Indonesia) dari pada native. Siswa-siswa ini terbiasa mendengarkan aksen dan suara orang Indonesia. Mereka menghadapi beberapa masalah dalam memahami teks listening yang menggunakan suara native, yaitu: sulit untuk mengikuti aksen natural dan kecepatan kata yang dibaca dari native. Dari hasil ini disarankan agar para siswa dilatih untuk mendengar suara native, baik Amerika atau Inggris. Ini akan membantu mereka untuk memahami percakapan diantara para native.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh is an open-access based on journal that contributes to improve the scientific treasures. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan and pembelajaran for researchers, professionals, lecturer, and ...