Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri komunikasi untuk menurunkan communication apprehension pada mahasiswa baru tahun pertama. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa baru tahun pertama di Universitas “X” dan Universitas “Y” Yogyakarta yang terbagi dalam 10 mahasiswa untuk kelompok ekperimen dan 10 mahasiswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala communication apprehension, wawancara, dan observasi. Desain dalam penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan U-Mann Whitney untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan efikasi diri komunikasi terhadap communication apprehension. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan communication apprehension yang sangat signifikan pada mahasiswa baru tahun pertama antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikasi 0.008 (p<0.01). Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan efikasi diri komunikasi dapat menurunkan communication apprehension pada mahasiswa baru tahun pertama
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018