cover
Contact Name
Willytiyo Kurniawan
Contact Email
willytiyo@diniyah.ac.id
Phone
+6282390444114
Journal Mail Official
nathiqiyyahpsikologiislam@gmail.com
Editorial Address
Prodi Psikologi Islam STAI Diniyah Pekanbaru Jalan Kh. Ahmad Dahlan No.100 Sukajadi, Pekanbaru, Riau, Indonesia
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Nathiqiyyah : Jurnal Psikologi Islam
ISSN : 26147815     EISSN : 27454207     DOI : -
Nathiqiyyah Psikologi Islam STAI Diniyah and is managed directly by the Islamic Psychology Study Program, which is published twice a year in June and December. Nathiqiyyah contains articles, thought content, research results, thought results and empirical studies in the field of psychology and Islamic psychology and offers opportunities for interaction, discussion, ideas and ideas from psychologists from the fields of clinics, education, social affairs, Islamic psychology, industry and organizations. The Nathiqiyyah editor invited experts, writers and researchers to contribute to the development of Islamic psychology and psychology from the perspective of psychology studies and other related scientific studies. Nathiqiyyah aims to facilitate the process of interaction, discussion, and further discussion of the development of psychology in Indonesian society, with a particular interest in Cultural and Health Psychology. Nathiqiyyah covers articles related to: 1. Clinical Psychology 2. Industrial/Organizational Psychology 3. Educational Psychology 4. Developmental Psychology 5. Social Psychology 6. Islamic Psychology Nathiqiyyah accepts various research methods, both quantitative and qualitative methods. This journal also covers discussions related to the development of problems found in society.
Articles 99 Documents
EFEKTIVITAS INTERVENSI PSIKOEDUKASI AUTISME DAN RELAKSASI PROGRESIF PADA ORANGTUA DENGAN ANAK PENYANDANG AUTISME Irene Prakikih Suharsisti
Nathiqiyyah Vol 1 No 1 (2018): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Psikoedukasi autisme bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai autisme agar orang tua anak penyandang autisme memiliki pengetahuan guna membantu pengasuhan pada anak penyandang autisme. Relaksasi progresif diberikan agar orang tua anak penyandang autisme dapat meniminalisir efek stres yang dirasakan secara fisik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimental one-group pre-test post-test design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata stress setelah diberikan psikoedukasi dan relaksasi progresif efektif menurunkan stress orangtua anak penyandang autisme, yaitu dari kategori stress sedang menjadi ringan sekali dan pengetahuan autisme meningkat yaitu dari kategori sedang menjadi sangat tinggi.Penelitian ini menyimpulkan bahwa psikoedukasi autisme dan relaksasi progresif yang dilaksanakan terbukti dapat menurunkan stress pada orang tua anak penyandang autism Psychoeducation autism aims to provide knowledge about autism that parents of children with autism know to help care for children with autism. Progressive relaxation is given so that parents of children with autism can meniminalisir effects of stress they felt physically. This research uses experimental research design one- group pre-test post-test design. The results showed the average stress after being given psychoeducation and progressive relaxation effectively decreases the stress of parents of children with autism, from the mild category of stress is becoming once and knowledge of autism increased from the category of being very high. The study concluded that psychoeducation autism and progressive relaxation are implemented proven to reduce stress in parents of children with autism.
Kemandirian pada anak Tuna Ganda di Sekolah Dasar Luar Biasa Hellen Keller Indonesia, Yogyakarta Nurul Aiyuda
Nathiqiyyah Vol 1 No 1 (2018): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat ADL (Activity Daily Living) dan aktivitas akademik anak-anak tunaganda yang ada di Hellen Keller dalam hal kemandirian. Kemandirian merupakan kemampuan untuk bertindak dan tidak bergantung pada orang lain. Subjek penelitian ini adalah murid tuna ganda, baik itu antara gabungan tunawicara, tunarungu ataupun tuna netra, atau ketiganya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menemukan bahwa ada beberapa kemandirian yang terlihat pada anak-anak tunaganda di Hellen Keller meliputi kemandirian pada aspek intelektual, kemandirian pada aspek tingkah laku, kemandirian pada aspek nilai, dan kemandirian pada aspek sosial. Hasil dari penelitian ini dibahas lebih lanjut dalam diskusi.
PENGARUH PELATIHAN “ME and MY FUTURE” UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU BK TENTANG PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK RENNY RAHMALIA; SUMEDI PRIYANA NUGRAHA
Nathiqiyyah Vol 1 No 1 (2018): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan “Me and My Future” dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang perencanaan karir peserta didik pada lima orang Guru BK SMKN “X”. Pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan tentang perencanaan karir, wawancara dan analisis dokumen. Desain penelitian yang digunakan adalah The one Group Pretest-postest Design. Analisis menggunakan two related sample test dengan uji Wilcoxon dan analisis kualitatif untuk mendeskripsikan pengaruh pelatihan “Me and My Future” dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang perencanaan karir peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pelatihan “Me and My Future” terhadap pengetahuan guru tentang perencanaan karir peserta didik (p< 0,05). Adapun bentuk pengaruhnya adalah positif, yang artinya ketika guru BK mendapatkan pelatihan “Me and My Future” maka guru BK akan mendapatkan perubahan yang positif terkait pengetahuannya tentang perencanaan karir peserta didik.
PELATIHAN EFIKASI DIRI KOMUNIKASI UNTUK MENURUNKAN COMMUNICATION APPREHENSION PADA MAHASISWA BARU TAHUN PERTAMA Nur Fitriyana Hepi; Wahyuningsih Mira; Aliza Rachmawati
Nathiqiyyah Vol 1 No 1 (2018): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan efikasi diri komunikasi untuk menurunkan communication apprehension pada mahasiswa baru tahun pertama. Subjek dalam penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa baru tahun pertama di Universitas “X” dan Universitas “Y” Yogyakarta yang terbagi dalam 10 mahasiswa untuk kelompok ekperimen dan 10 mahasiswa untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala communication apprehension, wawancara, dan observasi. Desain dalam penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dengan menggunakan U-Mann Whitney untuk mengetahui pengaruh pemberian pelatihan efikasi diri komunikasi terhadap communication apprehension. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan communication apprehension yang sangat signifikan pada mahasiswa baru tahun pertama antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikasi 0.008 (p<0.01). Kesimpulan penelitian ini adalah pelatihan efikasi diri komunikasi dapat menurunkan communication apprehension pada mahasiswa baru tahun pertama
Pelatihan Kebersyukuran untuk Menurunkan Tingkat Stres pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 T.Vivi Pratiwi; Hepi Wahyuningsih; Rumiani Rumiani
Nathiqiyyah Vol 1 No 1 (2018): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan kebersyukuran untuk menurunkan tingkat stres pada pasien Diabetes Mellitus tipe 2. Kriteria yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah pasien Diabetes Mellitus tipe 2 yang berusia antara 35-65 tahun, beragama Islam dan skor stres antara sedang hingga tinggi. Alat ukur menggunakan skala stres Schafer yang diadaptasi oleh Tajuddin (2011). Penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan pre-post control group design. Analisis data menggunakan teknik uji beda Nonparametrik Mann-Whitney dengan melihat gain score pada pre-test, post-test dan follow up. Berdasarkan gain score ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai z = -3,151 dengan p=0,002 (p < 0,01). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan kebersyukuran memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap penurunan tingkat stres pada pasien Diabetes Mellitus tipe 2.
PELATIHAN SHALAT KHUSYUK UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA LANSIA HIPERTENSI Yulia Wardani
Nathiqiyyah Vol 1 No 1 (2018): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gejala kecemasan yang dirasakan lansia hipertensi memiliki dampak negative bagi kehidupan. Data penelitian menunjukkan bahwa dampak yang dapat ditimbulkan akibat simtom atau gejala kecemasan pada lansia adalah keluhan mengenai fisik dan psikologis lansia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelatihan shalat khusyuk untuk menurunkan kecemasan pada lansia hipertensi dan dapat memberikan ketenangan hati. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 9 lansia, yang dibagi menjadi 5 kelompok eksperimen dan 4 kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala BAI (Beck Anxiety Scale) yang diberikan pada saat prates, pascates dan tindak lanjut. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif parametrik menggunakan Anava Repeated Measurement untuk mengetahui tingkat kecemasan lansia hipertensi setelah diberi pelatihan shalat khusyuk. Hasilnya penelitian menunjukkan bahwa pelatihan shalat khusyuk efektif menurunkan kecemasan lansia hipertensi dengan F = 75,075 dan p = 0,00 (p<0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan shalat khusyuk dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan kecemasan pada lansia hipertensi.
PENDEKATAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA KELAS VII.4 SMP NEGERI 14 PEKANBARU TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018 Husna Yarmi
Nathiqiyyah Vol 2 No 1 (2019): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang digunakan pada konsep sistem organisasi kehidupan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan hanya 70,5 hanya sedikit diatas KKM yang ditetapkan pihak sekolah. Setelah diberikan tindakan, pada siklus I rata-rata hasil belajar yang di dapat adalah 72,25 dengan kategori paham. Kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat secara signifikan yaitu menjadi 81,81 dengan kategori sangat paham. Bukan hanya itu tetapi sikap kritis dan berani berargumentasi juga meningkat. Instrumen yang digunakan pada penilaian hasil belajar adalah tes dan penilaian sikap dengan non tes yaitu dengan observasi, wawancara, serta pengisian angket. Jadi, pendekatan PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP.
URGENSI ILMU PSIKOLOGI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Refika Refika
Nathiqiyyah Vol 2 No 1 (2019): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ilmu psikologi yang membahas aspek pembelajaran disebut dengan psikologi pembelajaran. Ilmu Psikologi wajib hukumnya di pelajari dan dikuasasi oleh setiap guru. Karena disetiap sisi pembelajaran selalu bersentuhan dengan ilmu psikologis, interaksi antara guru dan siswa terdapat psikologis di dalamnya. Yang menjadi peran pentingnya ilmu psikologi tersebut yaitu, untuk memahami siswa sebagai pelajar, meliputi perkembangannya, tabiat, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, kepribadian. Cakupan ilmu psikologi pembelajaran dengan psikologi pembelajaran pendidikan agama islam adalah sama, hanya saja psikologi agama Islam cakupannya berbasis keislaman.
DAMPAK POSITIF SUMBER DAYA MANUSIA ISLAMI BAGI SDM DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP UJUNG TANJUNG ROHIL Muhammad Makruflis
Nathiqiyyah Vol 2 No 1 (2019): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bank syariah di Indonesia terus mengalami pertumbuhan baik dari sisi asset, jumah kantor, jumlah nasabah, dan pangsa pasar bank syariah telah melebihi 5 persen. Pertumbuhan bank syariah tidak di ikut dengan sumber daya manusia yang memadai baik secara kuantitas dan kualitas. Sumber daya manusia masih menjadi masalah yang sulit bagi bank syariah. Pada roadmap perbankan syariah 2015-2019 yang dikeluarkan menjadi otoritas jasa keuangan menjadikan masalah sumber daya manusia menjadi hal yang harus diselesaikan. Dibutuhkan sebuah pola manajemen sumber daya manusia yang bias menciptakan SDM yang berkualitas bagi bank syariah. Tulisan ini bersifat kualitatif deskriftif yang akan menguraikan pertumbuhan SDM yang berkualitas bagi bank syariah KCP Ujung Tanjung, serta peran penting manajemen sumber daya manusia Islam bagi SDM di Bank Syariah KCP Ujung Tanjung. Tulisan ini menunjukkan adanya pertumbuhan SDM di bank Syariah pada periode 2015 September sampai September 2019 mengalami pertumbuhan besar dan efektif, dengan total SDM bank Syariah saat ini KC dan KCP sebanyak 31 personel / karyawan. Pola manajemen sumber daya manusia islami menjadi penting bagi tersedianya SDM bank Syariah yang berkualitas baik sesuai dengan sarjana jurusan perbankan syariah. Manajemen sumber daya manusia Islami mampu memenuhi SDM yang paham akan ilmu ekonomi dan ilmu Ekonomi syariah. Manajemen sumber daya manusia Islami yang relevan dengan kondisi SDM bank syariah saat ini yaitu Calestial Manajement. Yang terdiri dari ZIKR,PIKR, dan MIKR. Islamic banks in Indonesia continue to experience growth in terms of assets, office space, the number of customers, and market share of Islamic banks that have exceeded 5 percent. The growth of Islamic banks is not followed by adequate human resources both in quantity and quality. Human resources are still a difficult problem for Islamic banks. In Islamic banking roadmap 2015-2019 released into the financial services authority to make human resource issues into something that must be resolved. It takes a pattern of human resource management that can create quality human resources for Islamic banks. This paper is qualitative descriptive which will describe the growth of quality human resources for the Ujung Tanjung KCP Islamic bank, as well as the important role of Islamic human resource management for HR in Ujung Tanjung KCP Syariah Bank. This paper shows the growth of human resources in Islamic banks in the period from September 2015 until September 2019, and effective experiencing major growth, with total Islamic bank SDM KC and KCP currently as many as 31 personnel / employees. The pattern of management of Islamic human resources is important for the availability of good quality Islamic bank HR by the bachelor of Islamic banking majors. Islamic human resource management can fulfill human resources who understand economics and the science of Islamic economics. Islamic human resource management that is relevant to human conditions of Islamic banks today are Celestial Management of. Which consists of ZIKR, PIKR, and MIKR.
Hubungan Keberfungsian Keluarga Dengan Eksplorasi dan Komitmen Dalam Pembentukan Identitas Vokasional Pada Remaja Renny Rahmalia
Nathiqiyyah Vol 2 No 1 (2019): Nathiqiyyah - Jurnal Psikologi Islam
Publisher : Program Studi Psikologi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keluarga merupakan lembaga pertama tempat remaja belajar, jika keluarga dapat menjalankan fungsinya dengan baik atau sehat maka akan membantu remaja dalam menfasilitasi perkembangan psikologisnya. Akan tetapi jika fungsi keluarga tersebut tidak dapat dijalankan dengan baik maka perkembangan psikologisnya tidak berkembang secara baik. Menyadari bahwa remaja merupakan potensi dan sumber daya manusia untuk pembangunan dimasa depan, maka diperlukan perhatian yang khusus terhadap tumbuh kembang remaja tersebut. Penelitina ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keberfungsian keluarga dengan eksplorasi dan komitmen dalam pembentukan identitas vokasional pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan populasi kelas III SMA Negeri 4 Pekanbaru dengan teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yaitu 144 siswa. Hasil Penelitian menunjukkan Terdapat hubungan antara keberfungsian keluarga dengan aktifitas eksplorasi dan komitmen terkait dengan pilihan vokasional Siswa kelas III SMA Negeri 4 Pekanbaru The family is the first institution where teens learn, if the family can carry out its functions properly or healthy it will help adolescents in facilitating psychological development. However, if the family's function cannot be carried out properly, the psychological development does not develop properly. Recognizing that adolescents are the potential and human resources for future development, special attention is needed to the adolescent's growth and development. This study aims to determine the relationship of family functioning with exploration and commitment in the formation of vocational identity in adolescents. This study uses quantitative research methods with a population of class III SMA 4 Pekanbaru with sampling techniques in this study using simple random sampling of 144 students. The results showed there was a relationship between the functioning of the family with exploration activities and commitments related to vocational choices of third grade students of SMA Negeri 4 Pekanbaru

Page 1 of 10 | Total Record : 99