Gagasan Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 2 (2020)

Critical Understanding Siswa dalam Menggunakan Media Sosial Facebook sebagai Upaya dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Abad 21

Ria Puti Oktalya (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ika Rifqiawati (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mila Ermila Hendriyani (Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Critical understanding merupakan salah satu kategori literasi media. Media yang dipilih dalam penelitian ini adalah media sosial facebook. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil critical understanding siswa SMA melalui media sosial facebook sebagai upaya dalam mengimplementasikan pembelajaran abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis dan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu 98 siswa yang berasal dari 7 (tujuh) SMA yang mewakili masing-masing akreditasi A, B, dan C di Kota Serang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data non tes melalui angket, wawancara, dan studi dokumen. Keabsahan data diperoleh melalui uji derajat kepercayaan dan kebergantungan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa critical understanding siswa SMA se-Kota Serang melalui situs jejaring sosial facebook berada pada level advance dengan skor rata-rata sebesar 72, 82. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah memiliki kemampuan memahami, menganalisis, hingga mengevaluasi konten dan elemen media yang digunakan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GAGASAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Gagasan Pendidikan Indonesia contains research publications in the field of education such as Model and Modelling, Integrated STEM Education, STEAM Education, Scientific Argumentation, Socio-Scientific Issue Based Teaching and Learning, Model Based Integrated Inquiry in STEM, Model Based Teaching ...