Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan
Vol 2, No 1 (2019): Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan

Penanganan Perilaku Bullying Siswa

Satya Anggi Permana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penanganan Perilaku Bullying Siswa di SD 54/III Koto Agung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik Penjamin Keabsahan Data Penelitian dilakukan dengan Uji Kepercayaan (Credibility), Uji Keteralihan (Transferability), Uji Kebergantungan (Dependability), dan Uji Kepastian (Confirmability). Teknik analisis data dilakukan melalui proses reduksi data (data reduction), display data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Penanganan perilaku bullying oleh guru dan orangtua siswa SD 54/III Koto Agung dilakukan dengan meningkatkan kepedulian terhadap perilaku siswa. Meski demikian, belum nampak tindakan khusus yang bersifat preventif dan kuratif yang dilakukan oleh guru dan orangtua siswa secara terencana. Penelitian ini mengungkapkan bahwa, “Perilaku bullying timbul karena kurangnya kepekaan dan kepedulian orang-orang di lingkungan pelaku.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

biblio

Publisher

Subject

Education

Description

The Biblio Couns Journal is a scientific journal in the field of Counseling and Education studies. The journal is published in three editions published a year, namely march, july, august. Biblio Couns is published by the Guidance and Counseling Study Program of the Faculty of Teacher Training and ...