Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2018)

CLUSTERING MINAT DAN BAKAT MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA BERDASARKAN BIDANG KEAHLIAN, MATA KULIAH FAVORIT, DAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA

Masruroh Masruroh (Unknown)
Ayu Ismi Hanifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2019

Abstract

Minat dapat diartikan ketertarikan seseorang terhadap sesuatu, sedangkan bakat merupakan potensi bawaan yang membuat seseorang menguasai sesuatu dengan mudah. Gabungan keduanya merupakan modal yang besar bagi seseorang untuk sukses di bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil clustering minat dan bakat mahasiswa berdasarkan bidang keahlian, mata kuliah favorit, dan Indeks prestasi sekaligus respon yang didapatkan dari mahasiswa. Data didapatkan dari 94 mahasiswa teknik informatika Universitas Islam Lamongan sebagai sampel. Data bidang keahlian, mata kuliah favorit dan respon mahasiswa didapatkan dari kuesioner, sedangkan data indeks prestasi mahasiswa (IPK) didapatkan dari dokumen bagian kemahasiswaan sistem informasi akademik Universitas Islam Lamongan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan bantuan Matlab menggunakan metode Fuzzy C Means untuk mementukan cluster minat dan bakat. Hasil clustering menunjukkan 50% mahasiswa memiliki minat dan bakat di bidang pemrograman, 40% di bidang jaringan, dan 10% di bidang desain. Hasil respon mahasiswa menunjukkan 48% mahasiswa menyatakan cukup puas terhadap hasil clustering, 53% mahasiswa menyatakan hasil clustering ini bermanfaat, dan 48% mahasiswa menyatakan hasil clustering ini cukup membantu mereka dalam merencanakan pemilihan karir di masa depan. Secara umum dapat dikatakan bahwa hasil clustering minat dan bakat ini mendapatkan respon yang cukup baik dari mahasiswa Teknik Informatika. Kata Kunci: Clustering, Minat, Bakat, Bidang Keahlian, Mata Kuliah Favorit, Indeks Prestasi

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is an international, peer-reviewed journal dedicated to promoting transformative and evidence-based innovations in education and learning. The journal provides a scholarly platform for disseminating cutting-edge research that bridges theory and practice, ...