Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian
Vol 2, No 2: November

PENGARUH DISIPLIN MENGAJAR GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI MAN 1 SOPPENG

Sirajuddin Saleh (Universitas Negeri Makassar)
Helmi Nurainun Arif (Universitas Negeri Makassar)
Muh Nasrullah (Universitas Negeri Makassar)
Rudi Salam (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Disiplin sendiri bukan hanya ditujukan kepada siswa tetapi juga ditujukan kepada guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa di MAN 1 Soppeng. Maka dari itu untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan teknik penggumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi dan wawancara dengan populasi penelitian sebanyak 128 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 65 siswa. Sedangkan teknik analisisdata yang digunakan yaitu teknik anali teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin mengajar guru di MAN 1 Soppeng dalam kategori sangat tinggi dengan tingkat persentase 81,54 persen, dan untuk aktivitas belajar siswa di MAN 1 Soppeng termasuk dalam kategori baik dengan persentase 77,15 persen yang berarti tingkat hubungan dalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Positif dan Signifikan Disiplin Mengajar Guru Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di MAN 1 Soppeng.Keywords: Disiplin, aktivitas, siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Tolis_Ilmiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bidang kajian yang dapat dimuat pada Jurnal Tolis Ilmiah meliputi dan tidak terbatas pada: Ilmu Pertanian Peternakan Perikanan Pendidikan Ilmu Sosial dan Budaya Hukum Administrasi dan Manajemen ...