JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 19, No 73 (2013)

PENGARUH PERBEDAAN GAYA MENGAJAR KOMANDO DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKALTERHADAP HASILBELAJARLOMPAT JAUH GAYA JONGKOKMAHASISWA PJKR ANGKATAN 2012/2013

Abdul Harris Handoko (Unknown)
Tarsyad Nugraha (Unknown)
Sugiono Sugiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2013

Abstract

Populasi penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa PJKRAngkatan2012/2013yang berjumlah 345 orangterdiri dari 5 kelas.Sampel ditentukan secara random berdasarkan kelas berjumlah 68 orangyaitu kelasPJKR B Reguler jumlah 30 orang danPJKR C Reguler jumlah 38 orang. Penelitian ini menggunakanmetode penelitian tindakan kelas.Data hasil belajar lompat jauh gaya jongkok Mahasiswa diperolehdari skor lembar pengamatan. Data dianalisis menggunakan statistik dengan uji–tsatu pihak dan untukmengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran kedua kelompok digunakan uji – t dua pihak (gabungan). Hipotesis penelitianadalah (1). Terdapat pengaruh gaya mengajar komando terhadap hasilbelajar lompat jauh mahasiswa PKR Reguler Angkatan 2012/2013.(2). Terdapat pengaruh  gayamengajar resiprokal terhadap hasil belajar lompat jauh mahasiswa kelas PKR Reguler Angkatan2012/2013.(3).Gaya mengajar komando lebih baik dibandingkan dengan gaya mengajar resiprokalterhadap hasil belajar lompat jauh mahasiswa PKR Reguler Angkatan 2012/2013.Hipotesis diterima apabilanilai thitung lebih besar dari nilai ttabel pada taraf signifikan 05,0 sebesar 1,70 (thitung>ttabel).

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...