Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Tingkatan Sekolah Dasar Menggunakan Macromedia Flash

Supriyaddin Supriyaddin (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
M. Nur Imansyah (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)
Leni Meilani (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada tingkatan sekolah dasar menggunakan macromedia flash dengan tujuan mempermudah penyampaian materi tentang Hijaiyah. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: ahli media memperoleh persentase kelayakan 77,5%, ahli materi 80%, respon guru 96%, soal pre test 49,2%, dan soal post test 77,7% serta jumlah keseluruhan persentase kelayakan adalah 380,4% dengan persentase nilai rata-rata sebesar 76% yaitu berada pada skala 61%-80% dengan kategori layak. Simpulan penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada tingkatan sekolah dasar menggunakan macromedia flash layak digunakan sebagai alat bantu dalam mengajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...