Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)
Vol. 1 No. 1 (2020): Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan)

Kesulitan Guru Dalam Menerapkan Teknik Pembelajaran Number Head Together (NHT) di Sekolah Dasar

Mulya Yusnarti (STKIP Yapis Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2020

Abstract

Berdasarkan hasil analisis data bahwa proses pembelajaran dengan penggunaan model Numbered HeadTogether (NHT) yang diterapkan oleh guru di SD Negeri 25 Dompu tahun pembelajaran 2018/2019 yaitu pada bagian pendahuluan guru aktif dalam membagi kelompok, selanjutnya guru mengajukan pertanyaan kepada siswa. Guru menganjurkan kepada siswa untuk bekerja sama saling tukar pikiran, dalam tahapan menanggapi pertanyaan guru menganjurkan kepada siswa untuk aktif dalam menjawab pertanyaan untuk mengetahui pemahan siswa terhadap materi yang telah di ajarkan. Pada aktivitas guru dan siswa, guru dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar siswa. Saat proses diskusi berlangsung guru dapat mengarahkan siswa untuk berdiskusi. Sedangkan pada kegiatan penutup guru aktif menfasilitasi setiap kelompok dalam menyimpulkan materi pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ainj

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), covers research and study in the field of education and culture, such as, education management, education best practice, curriculum, education assessment, education policy, education technology, language, archeology, educatioan etc . ...