Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam
Vol 10, No 1 (2018)

Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus FKIP UMSU

Feri Haryati (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ambar Wulan Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh pendekatan open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan soft skill mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen menggunakan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester satu pendidikan matematika UMSU tahun ajaran 2017/2018, dengan menggunakan dua kelas yang telah ditentukan. Kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open ended, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian, angket soft skill, lembar observasi dan pedoman interview. Kesimpulan diambil berdasarkan hasil pengolahan dan analasis data menggunakan uji T-test dengan bantuan program Microsoft Excel dan program SPSS 17. Hasil yang  diperoleh bahwa  kemampuan pemecahan masalah matematis dan soft skill mahasiswa lebih baik dari kelas konvensional, sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan soft skill mahasiswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

intiqad

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education

Description

Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. ...