Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 8 No. 2 (2017): Desember 2017

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN TEMA SENI NASYID TERHADAP HASIL BELAJAR DI PENDIDIKAN MULTIKEAKSARAAN

Sarwo Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

Pengkajian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil belajar dipendidikan multikeaksaraan dengan tema seni nasyid sebagai keragaman keberaksaraan dalam pembelajaran di kelompok belajar Nurul Iman yang diselenggarakan PKBM Daarul Ishlah dikecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang. Subjek pengkajian yakni 1 kelompok belajar multikeaksaraan yang berjumlah 15 peserta didik. Pengumpulan data mengunakan teknik observasi,tes tertulis dan studi dokumentasi untuk mendapatkan data standart pendidikan penyelengaraan program multikeaksaraan dan hasil belajar berupa kompetensi Calistung dan karya dalam bentuk bermain seni Nasyid. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantitatip. Hasil kajian terhadap standar pendidikan penyelenggaraan program multikeaksaraan yang dijabarkan pada sembilan aspek dengan 30 butir sub aspek penilaian, pada akhir penyelenggaraan program diperoleh nilai 2635 dari nilai maksimal 3000, dengan nilai rata-ratanya 87,83 dengan kategori kesesuai dengan standar pendidikan sangat baik. Selanjutnya Hasil penilaian calistung diawal dengan rata-rata 54,69 dan penilaian akhir dengan rata-rata 67,41 dengan peningkatan nilai sebanyak rata-rata 12,67. Setelah dilakukan analisis dengan uji t metode wilcoxon dengan aplikasi SPSS didapat hasil penggunaan tema seni nasyid dalam pembelajaran multikeaksaraan efektif untuk diterapkan. Untuk penampilan karya dari sembilan kriteria penilaian didapat nilai 86,11 dengan berkategori baik . Berdasarkan hasil penilaian pada ketiga komponen diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan tema seni nasyid dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar di Pendidikan multikeaksaraan. Hal memberikan informasi bahwa bila standar penyelenggaraan program multikeaksaraan yang ditetapkan pada etiap aspek penyelenggaraan program multikeaksaraan dipenuhi dipastikan hasil pembelajaran yang diterapkan dilapangan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...