Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi digital yang dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: 1) keaktifan penggunaan media online, 2) prestasi akademik, 3) peran orangtua atau keluarga terhadap 4) intensitas membaca dan 5) kemampuan literasi digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survey. Responden penelitian ini adalah mahasiswa fakultas Ekonomi IBM asmi dengan pengambilan sampel purposive sebanyak 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes kemampuan literasi digital. Analisis statistik yang digunakan menggunakan pengujian analisis jalur, agar terlihat pengaruh secara langsung dan tidak langsung. Hasil menunjukan terdapat pengaruh antara penggunaan media online terhadap kemampuan literasi digital secara signifikan, nilai akademik terhadap kemampuan literasi digital berpengaruh secara signifikan, peran orangtua terhadap kemampuan literasi digital berpengaruh secara signifikan dan intensitas membaca terhadap kemampuan literasi digital berpengaruh secara signifikan. Terdapat pengaruh tidak langsung antara keaktifan penggunaan media online, prestasi akademik, peran orangtua melalui intensitas membaca terhadap kemampuan literasi digital.
Copyrights © 2019