JURNAL ILMIAH EDUKATIF
Vol. 5 No. 1 (2019): Edukatif

PENGEMBANGAN KREATIVITAS DALAM PERSPEKTIFTEORI BELAHAN OTAK KIRI DAN KANAN

Astaman (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Kreativitas bukanlah kualitas istimewa yang hanya dimiliki oleh segelintir orang saja. Kreativitas ada pada diri semua orang. Kreativitas menyangkut cara berfikir kreatif. Yaitu kemampuan untuk melihat bermacam-macam jawaban terhadap satu pertanyaan. Otak merupakan bagian yang sangat penting dalam diri manusia karena semua proses pembelajaran berpusat pada otak. Roger W. Sparry menemukan bahwa otak terbagi menjadi dua bagian yakni otak kiri dan kanan. Masing-masing mempunyai peran dan fungsi yang berbeda. Atas dasar pembagian inilah, kemudian muncul teori belahan otak kiri dan kanan yang pada akhirnya juga ikut mempengaruhi kreativitas dan gaya belajar seseorang baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupannya sehari-hari. Tipe orang yang memproses informasi dengan menggunakan otak kiri lebih menyukai lingkungan belajar yang sunyi, pencahayaan yang terang, dan dirancang secara formal. Mereka tidak memerlukan makanan cemilan, bisa belajar dengan kondisi terbaik saat sendiri atau dengan kehadiran figur yang berwenang. Sebaliknya,orang yang memperoleh informasi dengan menggunakan otak kanan lebih menyukai pengalihan kebisingan atau musik, pencahayaan redup, rancangan informal, makanan cemilan, mobilitas dan interaksi dengan orang lain di tempat kerja, selama belajar atau sedang berkonsentrasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan ...