JURNAL ILMIAH EDUKATIF
Vol. 5 No. 2 (2019): Edukatif

Manajemen Kerja Sama Sekolah Dengan Orang Tua Siswa Dalam Mengoptimalkan Perkembangan Anak Di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat

Sera Yuliantini (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2020

Abstract

Manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak adalah penelitian yang mengkaji suatu usaha yang dilakukan bersama antara sekolah dan orang tua untuk menangani serta mengembangkan perkembangan anak. Tujuan dari penelitian ini ialah Untuk mengetahui manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, Untuk mengetahui bentuk keberhasilan pelaksanaan manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat, Untuk menge- tahui faktor penghambat dan pendukung manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua siswa dalam mengoptimalkan perkembangan anak di TK. Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; terkait dengan fungsi manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak d TK Negeri Pembina Sambas Kalimantan Barat berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian cukup efektif dengan program-program yang telah disusun. (2) bentuk keberhasilan manajemen kerja sama sekolah dengan orang tua dalam mengoptimalkan perkembangan anak yaitu meningkatnya perkembangan anak dari aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial emosional, program kerja sama yang berjalan baik, bertambahnya sarana pembelajaran anak, serta meningkatnya prestasi sekolah. (3) Faktor pendukung yaitu sikap kepemimpinan dari kepala sekolah yang mengedepankan asas kekeluargaan, dan keadilan, kemudian rasa tanggung jawab yang besar dan motivasi yang kuat dari para guru, serta adanya kemauan yang kuat dari orang tua siswa untuk menjalin kerja sama. Sedangkan faktor penghambat berupa: perasaan kelelahan yang dialami oleh beberapa guru, kesibukan dari orang tua dikarenakan oleh tuntutan profesi, sikap acuh tak acuh tentang pentingnya kerja sama dari beberapa orang tua siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan ...