JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS MODEL INKUIRI TERINTEGRASI LIFE SKILLS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI OEBA 3 KUPANG

Julhidayat Muhsam (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nuriyah (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegunaan kelayakan dalam mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Inkuiri Terintegrasi Life Skills pada Siswa Kelas IV SD Negeri Oeba 3 Kupang. Penelitian ini telah dilaksanakan di SD Negeri Oeba 3 Kupang dengan populasi siswa kelas IVA, kelas IVB. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dan terpilih kelas IVB sebagai sampel. Penelitian pengembangan LKS berbasis model inkuiri terintegrasi life skills diperoleh hasil adalah sebagai berikut: Kevalidan Silabus diperoleh nilai = 3,8 dinyatakan valid, RPP diperoleh nilai = 3,7 dinyatakan valid, LKS diperoleh nilai = 7,4 dinyatakan valid, angket respon siswa dengan nilai = 87 % dinyatakan layak, angket respon guru dengan nilai = 94 % dinyatakan sangat layak. Adapun hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh nilai 4 dan dinyatakan sangat baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS dengan model inkuiri terintegrasi life skills yang digunakan dalam penelitian ini adalah layak digunakan, hal ini juga dapat dilihat pada hasil validasi dari pakar dan praktisi dan angket yang dianalisis secara deskriptif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...