JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

ANALISIS TUTURAN EKSPRESIF GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN DI KELAS

Kissanda Chispa Siregar (Universitas Halmahera)
Jefrey Oxianus Sabarua (Universitas Halmahera)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengidentifikasi bentuk tuturan ekspresif dan faktor penyebab tuturan ekspresif guru, serta dampak tuturan ekspresif guru terhadap siswa dalam interaksi pembelajaran di kelas IV SD Inpres 3 Wosia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, simak catat, dan teknik rekam. Setelah data terkumpul, kemudian dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, interpretasi dan penafsiran data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa bentuk tuturan ekspresif guru meliputi; bentuk tindak tutur langsung literal, bentuk tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur tidak langsung tidak literal. Adapun faktor penyebab tuturan ekspresi guru yaitu; mengawali pembelajaran, memotivasi siswa, memberikan apresiasi, mengakhiri pembelajaran, dan siswa tidak mengerjakan tugas.Dampak tuturan ekspresif guru terhadap siswa meliputi; siswa merasa bersemangat, senang dan termotivasi serta bangga terhadap diri sendiri, merasa kecewa, dan sedih.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...