JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 1 No. 2 (2020): September | Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

PENGARUH KEGIATAN BELAJAR DARI RUMAH (STUDY FROM HOME) BERBASIS E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MAN 3 BIREUEN PADA MATA PELAJARAN FISIKA

Khailiani Khailiani (Universitas Almuslim)
M Taufiq (Universitas Almuslim)
Fatimah Fatimah (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Pandemi covid-19 ini memberikan dampak negatif terhadap seluruh sektor yang ada di Indonesia, terutama pada bidang pendidikan sehingga muncul alternatif untuk menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu dengan cara menerapkan sistem belajar dari rumah (online). Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan belajar dari rumah (study from home) berbasis e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa MAN 3 Bireuen pada mata pelajaran fisika. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen (quasi experimental). Hasil penelitian yang diperoleh bahwa =1,139 dan =1,706 yaitu 1,139 < 1,706 maka dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan hipotesis Ho diterima ini dapat kita lihat dengan persamaan < . Hal ini berarti bahwa tidak ada pengaruh kegiatan belajar dari rumah (study from home) berbasis e-learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 5 MAN 3 Bireuen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...