Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 25 No 1 (2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Mega Ayu Dwi Astutik (Unknown)
Sarwo Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2018

Abstract

NCTM merumuskan lima standar kemampuan matematika yang harus dimilikipeserta didik, salah satunya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Untukmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik diperlukaninovasi dalam pembelajaran terutama mengenai model pembelajaran yang dapatmengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Salah satumodel pembelajaran yang diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuanpemecahan masalah matematika peserta didik yaitu model pembelajaran Think AloudPair Problem Sloving (TAPPS). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakahmodel pembelajaran Think Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadapkemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (True Experimental)dengan desain “Posttest Only Control Design”. Sampel penelitian ini adalah peserta didikkelas VIII-D (kelas eksperimen) dan VIII-C (kelas kontrol). Metode pengumpulan datayang digunakan adalah metode dokumentasi dan tes dengan instrumen penelitian lembartes kemampuan pemecahan masalah matematika.Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata kemampuanpemecahan masalah matematika peserta didik dengan model pembelajaran TAPPSsebesar 58 dan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didikdengan model pemebelajaran kooperatif sebesar 46. Hasil uji t dua sampel independen(Independent-Sampel t Test) juga menunjukkan bahwa nilai sig = 0,042 < 0,05, artinyaH ditolak dan H diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranThink Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuanpemecahan masalah matematika peserta didik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...