Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2019): Pasundan Journal of Mathematics Education

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTS Ditinjau Dari Keaktifan Siswa Berorganisasi (OSIS)

Hendalillah, Della (Unknown)
Indrawan, Rully (Unknown)
Dewanto, Stanley P (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar dalam pembelajaran matematika siswa ditinjau dari keaktifan siswa berorganisasi (OSIS). Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mix Method) dengan tipe Embedded Design. Desain penelitian yang digunakan adalah desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Plus Darul Hufadz Jatinangor, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII-C dan VIII-D. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan komunikasi matematis siswa dan motivasi belajar terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching ditinjau dari keaktifan siswa berorganisasi (OSIS). Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa yang memperoleh model Reciprocal Teaching lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada siswa aktif berorganisasi (OSIS) lebih baik daripada siswa yang tidak aktif berorganisasi (OSIS). Terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar dengan penerapan model Reciprocal Teaching pada siswa yang aktif berorganisasi (OSIS).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pjme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Pasundan Journal of Mathematics Education (PJME) merupakan jurnal pendidikan matematika yang dikelola oleh Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan dan Asosiasi Guru Matematika Indonesia (AGMI). Jurnal ini menerbitkan penelitian asli atau makalah teoretis tentang pengajaran ...