Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENANGGAPI PEMBACAAN CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SATAP SEBERUANG

Nonci, Nonci (Unknown)
Fitrianingrum, Evi (Unknown)
Agusta, Agusta (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Masalah yang melatarbelakang dalam penelitian ini adalah “Apakah  terjadi peningktan kemampuan menanggapi pembacaan cerpen siswa kelas VII SMP N 3 SATAP Seberuang dengan menggunakan model talking stick.  Masalah umum dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan menanggapi pembacaan cerpen menggunakan model talking stick tahun pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menanggapi pembacaan cerpen menggunakan model talking stick.  Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif.  Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  dengan bentuk penelitian tidak kelas ( PTK) yang terdiri dari dua siklus, dalam setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.  Subjek penelitian pada kelas VII SMP N 3 SATAP Seberuang dengan jumlah siswa/i 11 orang.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, pngukuran, dan komunikasi tidak langsung, dan alat pengumpulan data adalah lembar observasi, soal tes, dan angket, dan dokumentasi. Hasil analisis data dalam penelitian tindak kelas ( PTK) dapat menunjukkan bahwa kemampuan menanggapi pembacaan cerpen menggunakan model talking stick siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 63,63% dan 70,54%( kategori cukup ), dan nilai rata-rata suklus II  75,90 dan 87,72 % ( kategori sangat baik) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 54,54%  siklus II mencapai 100% dikatakan tuntas. Respon siswa terhadap model talking stick  mencapai 92,50%  dengan kategori sangat kuat.  Kemampuan menanggapi pembacaan cerpen menggunakan model talking stick pada siswa kelas VII SMP N 3 SATAP Seberuang meningkat.Kata Kunci:  Menanggapi Pembacaan Cerpen, Talking Stick

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...