Jurnal Kansasi : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF

Sirhi, Sirilus (Unknown)
Julung, Hendrikus (Unknown)
Susanti, Valentina Susi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui penedekatan eksplorator discovery pada kelas III Sekolah Dasar Negeri 23 Jerajau Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yaitu metode kualitatif deskriptif, sedangkan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classrom action reserch). Teknik pengumpulan data menggunakan; teknik observasi langsung, pengukuran, komunikasi tidak langsung, dan studi dokumentasi. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi, soal tes, angket, dandokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) siklus I aktivitas siswa 47,5% dengan kategori kurang sekali dan siswa masih terlihat biasa saja, akan tetapi setelah diterapkan siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 82% dengan kategori sangat baik. Hal ini mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 34,5%. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa silkus I dan siklus II diperoleh siklus I terdapat siswa yang tuntas meningkat dari kategori kurang sekali yaitu 43,75% meningkat menjadi 93,75% kategori sangat baik. Hasil angket motivasi belajar siswa pada penelitian inimenunjukkan bahwa bahwa pada siklus I adalah 75% pada kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik, yaitu 93,75% dengan kategori amat baik. Sedangkan untuk hasil angket respon siswa pada siklus I adalah 63,25% dengan kategori cukup, pada siklus II mengalami peningkatan yang amat baik yaitu 98,75%. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar kogntif dengan menerapkan pendekatan eksploratory discovery pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alampada siswa kelas III SD Negeri 23 Jerajau Tahun Pelajaran 2018/2019.Kata Kunci: Pendekata Eksploratory Discovery, Motivasi Belajar, dan Hasil BelajarKognitif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

KAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal KANSASI merupakan jurnal ilmiah online (e-ISSN) milik Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia pada STKIP Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal KANSASI mulai diterbitkan pada Tahun 2016, merupakn terbitan berkala setahun dua kali terbitan; yaitu edisi April dan ...