Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 4 No. 2 (2019)

PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 001 SAMARINDA UTARA

Khairunisa, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Utara Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 Maret – 02 April 2019. Penelitian ini dilakukan di SDN 001 Samarinda Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V-A dan V-B SDN 001 Samarinda Utara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Utara, hal ini dibuktikan dengan ditolaknya H0 dan diterimanya Ha yang diajukan karena nilai rhitung > rtabel yaitu 0.325 > 0.268 pada taraf signifikansi 5% dengan jumlah responden (N) sebanyak 54. (2) berdasarkan nilai R Square yang diperoleh, maka besarnya pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Utara yaitu sebesar 0,106 atau 10,6%.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...