Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tujuan meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Sumber Energi dan Bentuk Permukaan Bumi. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 71,42% dan siklus II mencapai 90,47% dengan nilai rata-rata pada siklus I, 70,85 dan siklus II 78,95 dengan demikian peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I, 23,33%, dan siklus I ke siklus II, 31,37%. Begitu pula dengan aktifitas siswa dan guru, siswa mulai terbiasa dengan metode ini sehingga mereka senang dalam proses pembelajaran dengan berkelompok. Hal ini terlihat ketika siklus II siswa sudah mulai aktif dengan pencapaian hasil belajar rata-rata memperoleh nilai 78,95 dan untuk guru senang dengan metode ini karena semua siswa kelas IIIb aktif dalam proses belajar mengajar.Kata Kunci : Pendidikan Lingkungan; Pembelajaran; Karakter Peduli Lingkungan
Copyrights © 2018