Al-Ta'dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan
Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan is a forum publishing original articles related to research-based education or Islamic education. It is published by Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Kendari (Faculty of Education and Teaching, IAIN Kendari). This journal is for professionals, academics, researchers, and scholars whose empirical work focuses on curriculum, teaching methodology, learning activity, teaching media, learning approaches, learning achievement, character education, evaluation in education and the relationship between Islam and education. Authors are welcomed to submit their manuscripts for publication. Al-Tadib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan publishes articles on education in any area of study twice a year, every June and December. This journal charges no fees for publication.
Articles
220 Documents
PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI)
Samrin Samrin
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 9, No 1 (2016): VOL 9. NO. 1 JANUARI-JUNI 2016
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v9i1.505
Bangsa Indonesia yang mayoritas muslim sangat kaya dengan warisan nilai yang dapat membentuk pribadinya menjadi berkarakter unggul. Oleh sebab itu, semestinya nilai luhur tersebut terinternalisasi dalam setiap pribadi agar dapat diaktualisasikan dalam praktik kehidupan. Mengembangkan generasi penerus bangsa yang berkarakter baik adalah tanggung jawab semua pihak. Tentu saja hal ini tidak mudah, oleh karena itu diperlukan kesadaran dari semua pihak bahwa pendidikan karakter sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, meskipun semua pihak bertanggung jawab atas pendidikan karakter, namun keluarga merupakan wahana pertama dan utama bagi pendidikan karakter anak. Kegagalan keluarga dalam melakukan pendidikan karakter pada anak-anaknya, akan mempersulit institusi-institusi lain di luar keluarga (termasuk sekolah) dalam upaya memperbaikinya. Kegagalan keluarga dalam membentuk karakter anak akan berakibat pada tumbuhnya masyarakat yang tidak berkarakter. Oleh karena itu, setiap keluarga harus memiliki kesadaran bahwa karakter bangsa sangat tergantung pada pendidikan karakter anak-anak mereka dalam keluarga. Proses pendidikan merupakanupaya mewariskan nilai-nilai luhur suatu bangsa yang bertujuan melahirkan generasi unggul secara intelektual dengan tetap memelihara kepribadian dan identitasnya sebagai sebuah bangsa. Di sini letak esensi pendidikan yang memiliki dua misi utama, yaitu transfer of values dantransfer of knowledge. Kata Kunci: Pendidikan, karakter, nilai.
Gambaran Kesenangan Belajar IPA dan Ketertarikan Berkarir di Bidang IPA Siswa Sekolah Menengah Pertama
Nirmala Sari;
Erika ika
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Volume 13 Nomor 2 2020
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdbwv13i2.1557
This article aims to present the results of research on students' attitudes towards science subjects in terms of two indicators, namely interest in learning science and career interest in science among junior high school students. This associative quantitative research uses a survey on a research sample of 128 students. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results of the data analysis showed that the students' attitudes on the indicators of interest in learning science were dominant in the good category, while the attitudes of the students on the indicators of career interest in science were dominant in the moderate category.
INKUIRI: SEBUAH STRATEGI MENUJU PEMBELAJARAN BERMAKNA
La Hadisi
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan No 2 (2014): VOL 7. NO. 2 JULI-DESEMBER 2014
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v7i2.319
Artikel ini berjudul Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju PembelajaranBermakna. Strategi pembelajaran memegang peranan penting bagi gurudan siswa dalam proses belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaranyang telah direncanakan bisa tercapai. Dalam artikel ini penulismembahas strategi pembelajaran inkuiri adalah salah satu strategi yangmenekankan pada proses berfikir secara sistematis, logis, kritis, analistis,dan bermakna, untuk mencari serta menemukan jawaban sendiri darisuatu permasalahan yang dihadapi, baik proses pembelajaran dalamkelas, maupun dilingkungan sekitar dimana mereka berada. Hal inipeserta didik didorong dan diarahkan untuk mengembangkan kemampuandan potensi yang mereka miliki, sehingga diharapkan muncul rasapercaya diri dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang merekahadapi. Dengan demikian strategi pembelajaran inkuiri yang penulistawarkan ini, bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi berbagaimacam persoalan pendidikan kita sekarang maupun yang akan datang.Kata Kunci: Inkuiri, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Bermakna
DESKRIPSI KEMAMPUAN STATISTIKA DESKRIPTIF MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS IAIN KENDARI
Sitti Nurfaidah;
Tandri Patih;
Nur Aini
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 11 No 2, Juli-Desember 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v0i0.982
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji secara deskriptif kemampuan statistika deskriptif mahasiswa Tadris Bahasa Inggris IAIN Kendari berdasarkan asal sekolah dan jenis kelamin. Kemampuan statistika deskriptif yang diamati meliputi kemampuan memahami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis data; menjelaskan dan menggunakan Teknik pengambilan sampel; membuat tabel distribusi frekuensi dan grafiknya; menentukan ukuran pemusatan, ukuran letak, ukuran penyimpangan data; serta kemampuan membaca dan menginterpretasikan data yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil analisis kemampuan statistika deskriptif mahasiswa, menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa tadris Bahasa Inggris IAIN Kendari Semester IV Tahun Ajaran 2017/2018 memiliki kemampuan yang tinggi pada aspek kemampuan membuat tabel distribusi frekuensi dan grafiknya serta kemampuan menentukan ukuran pemusatan, yakni menentukan nilai rata-rata, median dan modus baik untuk data tunggal maupun data berkelompok. Sedangkan kemampuan terendah yang diperoleh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris yakni pada aspek kemampuan menjelaskan dan menggunakan teknik pengambilan sampel. Dilihat dari variabel jenis kelamin, mahasiswa laki-laki sama sekali tidak dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik pengambilan sampel. Sedangkan jika dilihat dari variabel asal sekolah, hanya mahasiswa yang berasal dari MAS dan SMAN saja yang dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan teknik pengambilan sampel.Kata kunci: Kemampuan Statistika Deskriptif; Jenis Kelamin; Asal Sekolah
PEMBELAJARAN DALAM KONSEP TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Aliwar Aliwar
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 2013: Vol. 6 No. 1 Januari - Juli 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v6i1.287
Masih terdapat kekeliruan dalam memamahami bahwa ciriutama teknologi pendidikan adalah adanya peralatan/sarana canggihdalam proses pendidikan. Harus dibedakan antara teknologipendidikan dengan “teknologi dalam pendidikan”. Teknologi dalampendidikan memang menuntut adanya sarana (telepon, faksimili,komputer dsb.) dalam kegiatan lembaga pendidikan. Teknologipendidikan tidak menuntut adanya sarana tersebut, melainkanmenekankan pada adanya proses untuk memperoleh nilai tambah. Ialahir dari suatu gejala dimana terdapat: 1) Adanya sejumlah besarorang yang belum terpenuhi kesempatan belajarnya, baik yangdiperoleh melalui suatu lembaga khusus, maupun yang dapatdiperoleh secara mandiri. 2) Adanya berbagai sumber baik yang telahtersedia maupun yang dapat direkayasa, tetapi belum dapatdimanfaatkan untuk keperluan belajar. 3) Perlu adanya suatu usahakhusus yang terarah dan terencana untuk menggarap sumber-sumbertersebut agar dapat terpenuhi hasrat belajar setiap orang. 4) Perluadanya pengelolaan atas kegiatan khusus dalam mengembangkan danmemanfaatkan sumber untuk belajar tersebut secara efektif, efisiendan selaras.Secara operasional, teknologi pendidikan dapat dikatakansebagai proses yang bersistem dalam membantu memecahkanmasalah belajar pada manusia. Kegiatan yang bersistem mengandungdua arti, yaitu pertama yang sistemik atau beraturan, dan kedua yangsistemik atau beracuan pada konsep sistem. Oleh karena itu, konsepsisistem pembelajaran sangat perlu dilakukan agar tercapai apa yangmenjadi sebuah target kesuksesan dalam belajar.Kata Kunci: Pembelajaran dan teknologi pendidikan.
Penyalahgunaan Zat Adiktif pada Siswa Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kota Kendari
Ratna Umi Nurlila;
Jumarddin La Fua
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 10, No 1 (2017): Vol. 10 No. 1, Januari-Juni 2017
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v10i1.553
Penelitian ini didasarkan pada hasil survei awal tentang penyalagunaan zat adiktif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kota Kendari. Hasil survey menunjukkan bahwa pada tahun 2012 terdapat 5 siswa merokok dan 4 siswa menghirup lem fox. Tahun 2013 terdapat 12 siswa merokok dan pada tahun 2014 terdapat 15 siswa yang merokok dan 5 siswa menghirup lem fox, tahun 2015 terdapat 5 siswa yang merokok. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor determinan penyalahgunaan zat adiktif pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kota Kendari. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi penelitian ini berjumlah 192 orang responden dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang responden yang diperoleh melalui teknik penarikan sampel proprosional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, peran keluarga, peran teman sebaya dan lingkungan merupakan faktor yang menentukan terjadinya penyalagunaan zat adiktif pada siswa kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 05 Kota Kendari. Kata Kunci : Siswa; zat adiktif; keluarga; lingkungan; dan teman sebaya
STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF UNTUK INVESTASI PENDIDIKAN MASA DEPAN
St. Fatimah Kadir
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol 8, No 2 (2015): Vol. 8. No. 2, Juli - Desember 2015
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v8i2.415
Aspek afektif merupakan salah satu diantara tiga aspek yang sangat pentingdalam pembelajaran. Aspek afektif merupakan aspek sikap yang tertanamdalam diri peserta didik. Sikap tidak dapat dipisahkan dengan nilai (value).Setiap sikap, pasti akan bernilai. Salah satu contoh peserta didik yang rajin,sopan, disiplin, tutur katanya yang santun, selalu mendengarkan ketikapelajaran berlangsung, ketika ditanya peserta didik menjawab dengan benardan lancar, pasti mendapatkan nilai yang tinggi. Demikian sebaliknya.Penanaman sikap pada peserta didik bukan hal mudah, harus dilakukansecara terstruktur melalui strategi yang cocok untuk tujuan afektif. Stategipembelajaran afektif adalah strategi yang berorientasi pada pencapaiantujuan sikap dan keterampilan efaktif. Strategi ini pada umumnyamenghadapkan peserta didik pada situasi yang problematik, sehinggadiperlukan keterampilan khusus untuk menyelesaikan masalah tersebutsesuai dengan tingkat kemampuan masin-masing. Model konsederasi yangdikembangkan oleh Paul merupakan alternative strategi pembelajaran yangdapat membentuk kepribadian peserta didik. Salah satu implementasinyayakni mengajak peserta didik untuk memandang permasalahan dari berbagaisudut pandang untuk menambah wawasan mereka serta sikap tertentu sesuainilai yang dimilikinya.Kata Kunci : strategi, pembelajaran, pendidikan, masa depan
Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak
Sitti Aisyah Mu'min;
Nova Sarfadillah Yultas
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Volume 12 No. 2, 2019
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdbwv12i2.1217
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektifitas penerapan metode bermain dengan media puzzle dalam meningkatkan kemampuan kognitif pada anak kelompok B di TK IKLAL Matabondu.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan penilaian. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan penilaian. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Anak dikatakan berhasil dalam penelitian ini apabila hasil penilaian mencapai 75% dari jumlah anak.minimal memperoleh bintang 3 (***) atau berkembang sesuai harapan (BSH). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif anak melalui metode permainan menyusunan puzzle di TK IKLAL Matabondu dapat diketahui sebagai berlikut (1) pada tes awal secara klasikal mencapai 36% atau 4 orang anak didik dari 11 orang anak didik berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). (2) Setelah tindakan siklus 1 keberhasilan secara klasikal menjadi 55% atau 6 orang anak didik dari 11 anak didik berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH). (3) Pada siklus II perkembangan kognitif anak meningkat menjadi 82% yaitu 6 orang anak didik dari 11 anak didik berada pada kriteria berkembang sesuai harapan (BSH) dan 3 orang anak didik berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB). Penelitian dihentikan sampai siklus II karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan indikator yaitu minmal 75% anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH), artinya anak sudah mampu mengerajakan /menyelesaikan kegiatan/tugas dengan baik
PENDIDIKAN ISLAM MASA PRA ISLAM DI INDONESIA
Imelda Wahyuni
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan No 2 (2013): VOL 6. NO. 2 JULI-DESEMBER 2013
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v6i2.310
Perkembangan pendidikan Islam pada masa pra Islam terkait denganproses masuknya Islam di Indonesia. Penyebaran Islam di Indonesiadiperkenalkan oleh para muballig pedagang yang melakukan kontakdagang dengan penduduk pribumi Nusantara sehingga perdaganganmembantu proses Islamisasi. Pendidikan Islam pada masa awalberlangsung tidak terbatas pada satu tempat dan waktu tertentu, tetapidimana dan kapan saja terjadi kontak antara muballig pedagang denganpenduduk pribumi, maka pada saat itu pula berlangsung pendidikanIslam. Sistem pendidikan pada mulanya berlangsung di lingkungankeluarga, kemudian bertempat di surau atau langgar, mesjid, dan rumahpara bangsawan dan hartawan.Kata kunci: Islam, Pendidikan, Pendidikan Islam, dan Sistempendidikan.
MENGGALI AJARAN KEDAMAIAN DALAM ISLAM
Zaitur Rahem
Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2018
Publisher : Institut Agama Islam Negeri Kendari
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.31332/atdb.v11i1.949
Kebersamaan dan kedamaian merupakan komponen paling esensi dalam kehidupan. Semua agama mengajarkan tentang konsep kebersamaan dan kedamaian tersebut. Islam, sebagai sebagai agama yang komplek dengan seperangkat ajaran dan nilai-nilai, menjadi salah satu lokomotor perdamaian. Dalam konteks keindonesiaan, perdamaian dan kebersamaan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dewasa ini. Penting membangun kebersamaan itu melalui ragam cara, pelajaran, cara komunikasi, dan bernalar. Ajaran-ajaran kedamaian dan kebersamaan yang ada dalam ajaran agama menuntut untuk dibumikan menjadi sebuah perilaku dalam berkehidupan. Kata Kunci : Islam; Perdamaian; Agama